Bagaimana Nasib Guru Honorer Lulus PPPK 2021 Tetapi Tak Ada Formasi ?

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu bantu kami agar berkembang. Pada kesempatan saat ini, saya akan membahas tentang Bagaimana Nasib Guru Honorer Lulus PPPK 2021 Tetapi Tak Ada Formasi ? semoga bisa membantu kamu menambahkan wawasan.

Pembahasanku – Nasib Guru Honorer Lulus PPPK 2021 Tetapi Tak Ada Formasi, Pelaksanaan Tes Kompetensi PPPK Tahap 1 bagi Guru Honorer sudah usai, ada yang bersujud syukur karena sudah memenuhi passing grade, sementara yang masih belum passing grade sudah berancang-ancang mengikuti Seleksi Tes Kompetensi PPPK Tahap II/2.

Guru honorer yang lulus namun tidak terdapat formasi di daerahnya tetap akan diangkat sebagai PPPK tahun depan.

Hat tersebut disampaikan langsung oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Kamis (23/9).

Bagaimana Nasib Guru Honorer Lulus PPPK 2021 Tetapi Tak Ada Formasi ?
Bagaimana Nasib Guru Honorer Lulus PPPK 2021 Tetapi Tak Ada Formasi ?

“Guru-guru yang tidak punya formasi PPPK 2021 di daerahnya jangan khawatir. Kalau tahun ini belum diangkat, kelulusannya tidak dianulir,” kata Nadiem Makarim seperti yang dikutip dari jpnn.com

Nadiem menjelaskan bahwa guru honorer yang lulus PPPK 2021 bisa diangkat tahun depan.

Kemendikbudristek akan berkoordinasi dengan Pemda supaya membuka formasi tahun depan.Tahun depan rekrutmen guru ASN tetap fokus pada PPPK.

Nadiem juga memberi kesempatan khusus guru honorer yang lulus PPPK 2021 untuk mengikuti uji kemampuan tes tahap II dan III.

Apabila formasi jabatan yang dilamar tetap sama, maka akan dilihat passing grade yang paling tinggi.

“Biarkan guru honorer merdeka untuk memilih. Puas dengan hasil tahap I atau mau lanjut tes lagi di tahap berikutnya,” ucapnya.

Saat ini pemerintah sudah mengalokasikan 506.247 formasi untuk guru PPPK, sebanyak 328.476 sudah terisi pelamar.

Tapi hanya sekitar 29 persen dari 328.476 formasi yang ada pelamarnya yang sudah terisi.

Artinya sekitar 94 ribu guru honorer sudah lulus. Angka ini akan berkembang plus minus 100 ribu orang dari seluruh Indonesia akan segera diangkat menjadi guru PPPK.