✅ Smartphone 5G Di Indonesia Penjualannya Melesat Hingga 500.000 Unit! – Pembahasanku

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu dukung aku agar berkembang. Pada peluang saat ini, aku akan membahas berkenan ✅ Smartphone 5G Di Indonesia Penjualannya Melesat Hingga 500.000 Unit! – Pembahasanku berharap bisa membantu kamu menambahkan wawasan.

Kabar mengejutkan datang dari penjualan Smartphone 5G di Indonesia yang diperkirakan sudah tembus 500ribu unit, meskipun pandemi global yang belum hilang hingga Pemerintah menerapkan pembatasan kegiatan diseluruh wilayah.

Meskipun jaringan internet 5G baru beberapa bulan saja dikomersilkan di Indonesia, ternyata pasar Smartphone 5G menunjukkan trend yang sangat positif. Menurut data dari hasil riset Firma Riset IDC, masyarakat Indonesia memiliki minat yang luar biasa terhadap smartphone 5G ini yang mana menurut data penjualannya meninggkat 2x lipat dari kuartal ke kuartal (QOQ). IDC juga memperkirakan penjualannya sudah tembus hingga 500 ribu Unit.

Selain itu ada juga perusahaan riset dari Counterpoint Research yang mempublikasikan temuannya bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap Smartphone 5G terus meningkat. Menurut data mereka, pangsa pasar smartphone 5G di Indonesia tumbuh dari 4 persen di kuartal I-2021 menjadi 7 persen di kuartal II-2021.

Counterpoint Research juga mengomentari tentang hal ini dimana telah memprediksi bahwa minat masyarakat terhadap Smartphone 5G ini akan muncul seiring mulai banyaknya layanan 5G.

Paula Ruth selaku analis Counterpoint menjelaskan bahwa menurut Indonesia Channel Share Tracker kami, total pangsa smartphone 5G tumbuh dari 4 persen di kuartal I-2021 menjadi 7 persen di kuartal II-2021

Faktor lainnya juga yang memperepat tumbuh minat ini adalah operator seluler di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo dan juga XL mulai menghadirkan layanan 5G secara komersil, meskipun XL baru-baru ini saja mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO).

Harga jual rata-rata (average selling price/ASP) smartphone 5G di Indonesia mencapai 575 dollar AS (sekitar Rp 8,1 juta). Harga tersebut turun 30 persen dari kuartal lalu.

Vendor / produsen smartphone juga ini mulai merilis berbagai tipe smartphone 5G yang mereka pasarkan sesuai levelnya, jadi mereka para vendor sudah paham bahwa kalangan menengah kebawah dan juga menengah keatas butuh smartphone yang mendukung dengan layanan jaringan internet 5G dari operator seluler di Indonesia.

Beberapa brand smartphone seperti Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi dan juga Realme banyak menghadirkan smartphone 5G kelas menengah hingga kelas atas. Beberapa produk smartphone terbaru itu adalah Samsung Galaxy A52s, Oppo A74, dan juga ada Oppo Reno5.

Tapi ternyata layanan internet 5G di Indonesia ini masih terbatas, karena tidak semua daerah sudah bisa menggunakan jaringan 5G. Beberapa kota besar yang sudah mengkomersilkan layanan 5G adalah Jakarta, Surabaya, Solo dan Makassar.