✅ Beri Makan Cuman Lewat HP, Wanita Ini Sukses Budidaya Udang Dengan Omset Rp 1 Miliar/Panen – Pembahasanku

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu support aku agar berkembang. Pada kesempatan saat ini, saya akan membahas berkenan ✅ Beri Makan Cuman Lewat HP, Wanita Ini Sukses Budidaya Udang Dengan Omset Rp 1 Miliar/Panen – Pembahasanku semoga bisa membantu anda menambahkan wawasan.

Saat ini kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan diberbagai sektor dan salah satunya adalah di industri perikanan, yang mana kemampuannya bisa mempermudah dan juga bisa meningkatkan produktivitas usaha.

Di Cirebon, ada seorang wanita bernama Yeni Rahayu yang mana dia adalah mantan pekerja kantoran tetapi memutuskan untuk berhenti kerja dan saat ini fokus berbudidaya udang vaname yang merupakan usaha keluarganya.

Yang menarik dari apa yang dia lakukan adalah memanfaatkan teknologi untuk pemberian makan udangnya, Yaitu Internet of things (IoT). Yeni mengatakan bahwa dia menggunakan aplikasi eFishery yang fungsinya sebagai alat pemberi makan untuk ikan dan udang dengan berbasis internet.

Nah, Aplikasi eFishery ini bisa digunakan untuk sistem pemberian makan udang atau ikannya. Tentunya kita bisa mengatur jadwal pemberian pakan, jumlah pakan yang harus ditebar ke tambak hingga bisa memantau pertumbuhan udang atau ikan yang dipelihara tadi. Semuanya bisa dikelola secara online.

tampilan efishery feeder
eFishery Smart Feeder 2.1.3

Banyak orang yang bilang bahwa usaha yang dilakukan Yeni ini adalah masuk kategori Usaha Akuakultur. Sedangkan alat yang digunakannya adalah eFisheryFeeder Udang, menurutnya alat ini memiliki sistem yang sangat membantu dalam pemberikan pakan ternak udangnya sehingga dari segi waktu dan jumlah pakan yang ditebar lebih efisien.

Yeni juga mengatakan bahwa dia sudah memanfaatkan teknologi untuk membantu operasional budidayanya sejak tahun 2017 dan 2018. “eFishery dari awal saya pakai, Waktu dan tenaga kerja jadi efisien dan kita bisa mengontrol pengeluaran pakan,” kata Yeni.

Apasaja fungsi dari alat eFishery?

  1. Mengatur jadwal pemberian pakan udang
  2. Mengatur dosis/jumlah pakan yang ditebarkan

Nah, untuk pemantauannya kita bisa kendalikan dari aplikasi yang bisa diinstal pada Smartphone. Tinggal setting-setting sesuai hitungan maka tinggal klik saja. Secara otomatis nanti alatkan akan hidup dan mengeluarkan pakan untuk ditebar kedalam tambak.

Yeni juga membocorkan penghasilannya selama berbudidaya udang dengan bantuan eFishery ini. Ia mengatakan bisa meraup omzet hingga Rp 1 Miliar dalam sekali panen, terutama setelah menggunakan bantuan teknologi dari eFishery. Dengan bantuan alat ini Yeni membuktikan bisa menurunkan angka FCR (Feed Conversion rate) dan menaikkan ADG (Average daily growth) sehingga periode panen jadi lebih cepat.