10 Trik Excel Yang Dapat Membuat Anda Terlihat Profesional

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu bantu aku agar berkembang. Pada waktu saat ini, saya akan membahas berkenan 10 Trik Excel Yang Dapat Membuat Anda Terlihat Profesional berharap bisa membantu anda menambahkan wawasan.

10 Trik Excel yang Dapat Membuat Anda Terlihat Profesional – Setelah Microsoft mengembangkan Excel ke versi 2010, ia menawarkan lebih banyak kejutan dari sebelumnya. Untuk menangani banyak data besar, Anda tidak dapat mengabaikan peran penting yang dimainkan Excel dalam pekerjaan sehari-hari. Namun, baik untuk pemula maupun pengguna tingkat lanjut, masih banyak tips dan trik bermanfaat yang mau tidak mau terlewatkan. Berikut adalah 20 rahasia spreadsheet Excel yang berguna yang mungkin tidak Anda ketahui. Harap dicatat bahwa semua fungsi ini didasarkan pada Microsoft Excel 2010.

1. Satu Klik untuk Memilih Semua

Anda mungkin tahu cara memilih semua dengan menggunakan shortcut Ctrl + A, tetapi hanya sedikit yang tahu bahwa hanya dengan satu klik tombol sudut, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, semua data akan dipilih dalam hitungan detik.

2. Buka File Excel secara Massal

Daripada membuka file satu per satu saat Anda memiliki banyak file yang perlu Anda tangani, ada cara praktis untuk membuka semuanya dengan satu klik. Pilih file yang ingin Anda buka kemudian tekan tombol Enter pada keyboard, semua file akan terbuka secara bersamaan.

3. Pergeseran Antara File Excel yang Berbeda

Saat Anda membuka spreadsheet yang berbeda, perpindahan antar file yang berbeda sangat mengganggu karena terkadang mengerjakan lembar yang salah dapat merusak keseluruhan proyek. Menggunakan Ctrl + Tab Anda dapat beralih di antara file yang berbeda dengan bebas. Fungsi ini juga berlaku untuk file lain seperti tab Windows yang berbeda di Firefox saat dibuka menggunakan Windows 7.

3. Buat Menu Shortcut baru

Umumnya ada tiga shortcut di menu atas, yaitu Save, Undo Typing dan Repeat Typing. Namun, jika Anda ingin menggunakan lebih banyak pintasan, seperti Salin dan Potong, Anda dapat mengaturnya sebagai berikut:

File->Options->Quick Access Toolbar, tambahkan Cut and Copy dari kolom kiri ke kanan, simpan. Anda akan melihat dua pintasan lagi ditambahkan di menu atas.

4. Tambahkan Garis Diagonal ke cel

Saat membuat daftar alamat teman sekelas, misalnya, Anda mungkin memerlukan tautan diagonal di sel pertama untuk memisahkan atribut baris dan kolom yang berbeda. Bagaimana cara membuatnya? Semua orang tahu bahwa Home->Font-> Borders dapat mengubah batas yang berbeda untuk sel, dan bahkan menambahkan warna yang berbeda. Namun, jika Anda mengklik More Borders, Anda akan mendapatkan lebih banyak kejutan, seperti garis diagonal. Klik dan simpan—sekarang Anda dapat membuatnya segera.

5. Tambah Satu Baris atau Kolom Baru

Anda mungkin tahu cara menambahkan satu baris atau kolom baru, tetapi itu benar-benar membuang banyak waktu jika Anda perlu memasukkan lebih dari satu dengan mengulangi tindakan ini sebanyak X kali. Cara terbaik adalah dengan menyeret dan memilih X baris atau kolom (X adalah dua atau lebih) jika Anda ingin menambahkan X baris atau kolom di atas atau kiri. Klik kanan baris atau kolom yang disorot dan pilih Sisipkan dari menu tarik-turun. Baris baru akan disisipkan di atas baris atau di sebelah kiri kolom yang pertama kali Anda pilih.

6. Pindahkan dan Salin Data dengan Cepat di Sel

Jika Anda ingin memindahkan satu kolom data dalam spreadsheet, cara cepat adalah memilihnya dan memindahkan penunjuk ke perbatasan, setelah berubah menjadi ikon panah silang, seret untuk memindahkan kolom dengan bebas. Bagaimana jika Anda ingin menyalin data? Anda dapat menekan tombol Ctrl sebelum menyeret untuk bergerak; kolom baru akan menyalin semua data yang dipilih.

7. Hapus Sel Kosong dengan Cepat

Beberapa data default akan kosong, karena berbagai alasan. Jika Anda perlu menghapus ini untuk menjaga akurasi, terutama saat menghitung nilai rata-rata, cara cepatnya adalah dengan memfilter semua sel kosong dan menghapusnya dengan satu klik. Pilih kolom yang ingin Anda filter, buka Data-> Filter, setelah tombol bawah muncul, batalkan Select All lalu pilih opsi terakhir, Kosong. Semua sel kosong akan segera ditampilkan. Kembali ke Beranda dan klik Hapus secara langsung, semuanya akan dihapus.

8. Hasilkan Nilai Unik dalam Kolom

Anda mengetahui fungsi utama Filter, tetapi hanya sedikit orang yang menggunakan Filter Tingkat Lanjut, yang akan diterapkan berulang kali saat Anda perlu memfilter nilai unik dari data dalam kolom. Klik untuk memilih kolom dan pergi ke Data->Advanced. Sebuah jendela pop-up akan muncul. Seperti yang ditunjukkan tangkapan layar, klik Salin ke lokasi lain, yang harus sesuai dengan area persegi panjang merah kedua. Kemudian tentukan lokasi target dengan mengetikkan nilai atau mengklik tombol pemilihan area. Dalam contoh ini, usia unik dapat dihasilkan dari Kolom C dan ditampilkan di Kolom E. Jangan lupa untuk memilih Rekaman unik saja, lalu klik OK. Nilai unik yang ditampilkan di kolom E dapat menjadi kontras dengan data asli di C, itulah alasan mengapa disarankan untuk menyalin ke lokasi lain.

9. Pembatasan Input dengan Fungsi Validasi Data

Untuk mempertahankan validitas data, terkadang Anda perlu membatasi nilai input dan menawarkan beberapa tip untuk langkah selanjutnya. Misalnya, usia dalam lembar ini harus bilangan bulat dan semua orang yang berpartisipasi dalam survei ini harus berusia antara 18 dan 60 tahun. Untuk memastikan bahwa data di luar rentang usia ini tidak dimasukkan, buka Data->Validasi Data->Setelan, masukkan ketentuan dan geser ke Pesan Masukan untuk memberikan prompt seperti, “Silakan masukkan usia Anda dengan bilangan bulat, yang harus berkisar dari 18 sampai 60.” Pengguna akan mendapatkan prompt ini saat menggantung pointer di area ini dan mendapatkan pesan peringatan jika informasi yang dimasukkan tidak memenuhi syarat.

10. Navigasi Cepat dengan Ctrl + Arrow

Saat Anda mengklik Ctrl + tombol panah apa pun di keyboard, Anda dapat melompat ke tepi lembar ke arah yang berbeda. Jika Anda ingin melompat ke garis bawah data, coba saja klik Ctrl + tombol ke bawah.