Muncul Pesan Invalid Signature di Aplikasi PeduliLindungi, Apa Maksudnya? – Pembahasanku

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu bantu saya agar berkembang. Pada peluang saat ini, saya akan membahas berkenan Muncul Pesan Invalid Signature di Aplikasi PeduliLindungi, Apa Maksudnya? – Pembahasanku berharap bisa membantu anda menambahkan wawasan.

Invalid Signature di Aplikasi PeduliLindungi

Pembahasanku – Pemerintah Indonesia sudah menetapkan bahwa PeduliLindungi menjadi aplikasi wajib apabila masyarakat ingin bepergian ke mall, jalan-jalan ke tempat wisata, berkendara menggunakan Commuter Line, dan masih banyak lagi.

Salah satu alasan PeduliLindungi digunakan sebagai tiket menuju berbagai tempat karena aplikasi tersebut dapat menampilkan data-data penting mulai dari biodata, riwayat dan sertifikat vaksin, hingga tes antigen maupun PCR.

Dengan begitu pemerintah Indonesia dapat memantau seberapa banyak orang berada di luar maupun suatu tempat. Walaupun begitu, aplikasi PeduliLindungi tidak terhindar juga dari berbagai masalah atau error seperti munculnya notifikasi pesan Invalid Signature.

Apa Itu Invalid Signature Pada PeduliLindungi?

Munculnya pesan Invalid Signature membuat kamu tidak bisa melakukan login ke aplikasi yang disebabkan oleh salah satu kesalahan yang terjadi pada sistem dari layanan PeduliLindungi.

Invalid Signature menyebabkan keterlambatan suplai data pada aplikasi PeduliLindungi sehingga menggagalkan sambungan ke bagian-bagian sistem yang lainnya. Alhasil error ini pun berimbas pada pengguna yang tidak bisa melakukan login data.

Tentunya hal ini akan sangat mengganggu karena kamu menjadi tidak bisa login akun sama sekali di aplikasi PeduliLindungi. Padahal kamu membutuhkan informasi penting mengenai riwayat atau sertifikat vaksin hingga mengakses pemindai QR Code di berbagai mall, tempat wisata, maupun transportasi umum.

PeduliLindungi Apps Logo

Cara Mengatasi Permasalahan Invalid Signature

Bersihkan Data atau Cache Aplikasi

Biasanya untuk mengembalikan aplikasi PeduliLindungi menjadi normal atau seperti semula, kamu dapat melakukan pembersihan cache atau data menumpuk melalui App Management yang tersedia pada menu Settings di handphone.

Install Ulang Aplikasi

Apabila melakukan Clear Cache atau Clear Data tidak bisa membantu, maka kamu dapat menghapus aplikasi PeduliLindungi dan mengunduhnya kembali dari Google Play Store untuk Android atau Apple App Store untuk iOS.

Nantinya aplikasi PeduliLindungi yang terpasang dipastikan sudah memasuki versi terbaru dan kamu dapat mencoba login akun kembali.

Masuk Melalui Situs PeduliLindungi

Apabila aplikasi masih menampilkan pesan masih menampilkan pesan Invalid Signature, maka kamu dapat mengakses situs resmi PeduliLindungi sebagai alternatifnya. Pada situs PeduliLindungi, kamu dapat melakukan login dan dapat langsung melihat riwayat maupun sertifikat vaksin COVID-19.

Sementara jika kamu harus melakukan pindai QR Code, maka kamu bisa mencoba menunjukkan sertifikat vaksin tersebut maupun kartu vaksin fisik sebagai alternatif saat aplikasi sedang tidak bisa diakses.