Apa itu FileVault dan manfaatnya untuk Mac & MacBook? – Pembahasanku

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu dukung saya agar berkembang. Pada kesempatan saat ini, saya akan membahas berkenan Apa itu FileVault dan manfaatnya untuk Mac & MacBook? – Pembahasanku semoga bisa membantu anda menambahkan wawasan.

FileVault dapat diaktifkan pada perangkat MacOS, Mac atau MacBook untuk meningkatkan keamanan data pengguna.

Beberapa orang mungkin percaya bahwa MacBook atau Mac yang dimilikinya sudah aman dan kebal terhadap virus dan masalah keamanan serupa. Tapi, jangan biarkan hal itu membodohi Anda selamanya. Mac justru dikenal rentan terhadap virus dan memiliki kelemahan keamanan yang sama pada PC.

Meskipun Sahabat Tek bisa mengantisipasi hal ini dengan menggunakan antivirus di MacOS, namun beberapa langkah sederhana yang dilakukan pada perangkat tercinta biasanya cukup berat. Ada saja ketakutan yang menghampiri untuk melakukan perubahan ini. 

Untuk itu, Apple memiliki sesuatu yang disebut FileVault untuk memberi keamanan lebih pada perangkat. Sebagai bagian dari keamanan di MacBook atau Mac, Anda mungkin pernah melihat sesuatu yang disebut FileVault, namun tidak tahu manfaat dan kegunaannya. 

FileVault adalah pengaturan yang dapat membantu mengenkripsi semua data di hard drive MacOS utama. Dengan FileVault, data Anda akan dienkripsi menggunakan standar enkripsi XTS-AESW 123, yang akan mempersulit seseorang untuk mengakses file Anda jika Mac atau MacBook dicuri.

FileVault tersedia di MacOS X Lion atau lebih baru. Anda dapat mengaksesnya dengan mengklik Apple Menu dan pilih System Preferences > Security and Privacy > tab FileVaultr.

Saat mengaktifkan ini, Anda harus selalu masuk ke MacBook dengan kata sandi akun. Jika lupa dan ingin membuka kunci data, Anda dapat menggunakan Apple ID sebagai alternatif untuk membuka kunci.

Namun jika Anda kehilangan kata sandi akun dan kunci pemulihan FileVault, Anda tidak dapat masuk ke Mac atau mengakses data di disk. Enkripsi apapun yang Anda mulai akan terjadi di latar belakang saat Anda terhubung ke daya.