Cara Membersihkan Media Penyimpanan Internal Handphone Agar Lega Kembali – Pembahasanku

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu dukung aku agar berkembang. Pada kesempatan saat ini, saya akan membahas berkenan Cara Membersihkan Media Penyimpanan Internal Handphone Agar Lega Kembali – Pembahasanku berharap bisa membantu anda menambahkan wawasan.

Cara Membersihkan Penyimpanan Internal Handphone Header

Pembahasanku – Membersihkan media penyimpanan internal merupakan hal yang harus sering dilakukan karena penyimpanan terbukti memegang peranan sangat krusial di dalam sebuah handphone.

Ketika ruang penyimpanan internal penuh, kita bakal mengalami sejumlah permasalahan teknis seperti tidak bisa memasang atau memperbarui aplikasi, tidak bisa menggunakan berbagai macam layanan secara normal, hingga tak jarang kinerja handphone menjadi lebih lambat.

Supaya hal itu tidak terjadi, kita tentu saja perlu melakukan pemeliharaan secara berkala pada handphone yang digunakan sehari-hari. Termasuk di antaranya membersihkan media penyimpanan internal dari berkas sampah atau yang sudah tidak terpakai.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membersihkan media penyimpanan internal handphone. Kita dapat memilihnya sesuai dengan preferensi mulai dari merek, antarmuka sistem operasi, hingga jenis dukungan yang tersedia.

Dari sejumlah cara yang tersedia, beberapa di antaranya untung cukup mudah untuk dilakukan. Saya sendiri biasanya menggunakan beberapa metode berikut ini jika mengalami permasalahan dengan ruang penyimpanan internal handphone.

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan Internal Handphone

Menggunakan Pengelola Penyimpanan

  1. Buka halaman Settings
  2. Masuk ke bagian Storage
  3. Pilih opsi Manage Storage jika diperlukan
  4. Masuk ke opsi Free up storage atau Cleaner
  5. Hapus berkas-berkas yang direkomendasikan

Setiap perangkat umumnya mempunyai antarmuka yang berbeda-beda, termasuk pada sistem pengelolaan penyimpanan. Maka dari itu kita perlu mencari tahu secara lebih spesifik untuk handphone yang digunakan saat ingin menggunakan fitur tersebut.

Di handphone buatan Samsung misalnya, kita tidak akan langsung menemukan opsi Storage saat membuka halaman Settings. Fitur pengelola media penyimpanan justru akan tersedia pada bagian Device maintenance.

Begitu juga untuk iPhone, kita pun bisa menemukan pengelola penyimpanan dengan penempatan dan penamaan fitur yang berlainan yang mana secara khusus biasanya bisa diakses melalui Settings > General > [device] Storage.

Memakai Aplikasi Khusus

  1. Download aplikasi pembersih seperti AVG Cleaner dari toko resmi
  2. Buka aplikasi
  3. Login jika diminta dan setujui beberapa perizinan yang diperlukan
  4. Pilih menu pembersih data
    Cara-Membersihkan-Penyimpanan-Internal-Handphone-1
  5. Ikuti petunjuk sesuai dengan aplikasi yang dipakai

AVG Cleaner tentu bukan satu-satunya yang bisa dipakai untuk membersihkan penyimpanan internal. Kita juga dapat menggunakan aplikasi lain seperti Avast Cleanup atau CCleaner yang notabene juga menawarkan fungsi serupa.

Kita juga dapat memakai aplikasi bawaan yang sering kali sudah dibenamkan langsung di antarmuka sistem operasi handphone. Sejumlah perusahaan ternama soalnya sering kali membekali perangkat buatannya dengan dukungan khusus, misal Xiaomi melalui fungsi Cleaner di Security atau OPPO lewat Phone Manager.

Menghapus Data dan Cache Aplikasi Secara Manual

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke Apps atau App management
  3. Pilih aplikasi yang ingin dibersihkan data dan cache-nya
    Cara Membersihkan Penyimpanan Internal Handphone 2
  4. Pilih menu Storage
    Cara Membersihkan Penyimpanan Internal Handphone 3
  5. Klik opsi Clear Data atau Clear Cache sesuai kebutuhan
    Cara Membersihkan Penyimpanan Internal Handphone 4

Selain membersihkan data menggunakan aplikasi khusus pembersih, kita juga dapat melakukannya secara manual melalui halaman pengaturan sebagaimana metode di atas. Kita hanya saja mungkin masih perlu menyesuaikannya karena setiap handphone mempunyai antarmuka berbeda.

Kita yang menggunakan perangkat iPhone misalnya akan menjumpai fitur dengan nama Offload App. Kita dapat menemukan opsi ini melalui Settings > General > [device] Storage kemudian memilih aplikasi yang ingin dihapus sementara waktu tanpa kehilangan pengaturan dan data-datanya.

Beberapa aplikasi sayangnya terkadang memerlukan perhatian khusus untuk menghapus data-datanya. WhatsApp misalnya juga menyimpan data backup dan multimedia ke dalam memori penyimpanan internal yang mana perlu dihapus langkah-langkah terpisah jika tak ingin kehilangan seluruh data layanan.

Mencopot Aplikasi yang Tidak Terpakai

  1. Buka halaman Apps atau App management di Settings
  2. Pilih aplikasi yang diinginkan
  3. Klik tombol Uninstall atau Disable
    Cara Membersihkan Penyimpanan Internal Handphone 5

Untuk memberikan ruang yang lebih luas, mencopot pemasangan aplikasi dari handphone pun bisa dilakukan. Saya sendiri lebih sering melakukan hal ini karena selain menghemat penyimpanan juga bisa sedikit mengosongkan RAM.

Mencopot pemasangan aplikasi tentu bisa juga dilakukan dengan beberapa cara lain. Pada sejumlah handphone, kita bahkan bisa melakukannya dengan menekan selama beberapa saat di aplikasi terkait untuk memunculkan opsi Uninstall.

Khusus untuk pengguna iPhone, kita juga dapat menemukan opsi Delete App pada setelan setiap aplikasi di Settings > General > [device] Storage  yang notabene mempunyai fungsi sama.

Memindahkan Berkas ke Media Penyimpanan Lain

Berkas seperti foto, video, rekaman suara, hingga dokumen biasanya dapat menyita ruang yang sangat besar dalam penyimpanan internal handphone. Oleh karena itu, kita tentu bisa memindahkannya ke tempat lain agar menjadi lebih lega tetapi data tetap aman.

Ada banyak opsi yang dapat digunakan dalam hal ini. Kita beberapa di antaranya dapat memindahkan data-data tersebut ke media penyimpanan eksternal, komputer, atau bahkan layanan Cloud yang kini semakin banyak pilihannya.

Membersihkan media penyimpanan internal tentu bisa menjadi opsi sementara saat handphone mengalami kendala. Namun untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik secara permanen, kita kadang-kadang perlu mempertimbangkan untuk membeli perangkat baru.