Cara Blokir Pengguna WiFi IndiHome Biar Gak Bisa Curi Koneksi Internet Sembarangan – Pembahasanku

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu dukung kami agar berkembang. Pada kesempatan saat ini, aku akan membahas berkenan Cara Blokir Pengguna WiFi IndiHome Biar Gak Bisa Curi Koneksi Internet Sembarangan – Pembahasanku semoga bisa membantu anda menambahkan wawasan.

Cara Blokir Pengguna Wifi IndiHome - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Pembahasanku – Memblokir pengguna tentu bisa menjadi langkah awal yang perlu kita lakukan ketika sejumlah orang mulai ikut mendompleng pemakaian WiFi di rumah tanpa izin selain mengganti kata sandinya.

Bertambahnya pengguna WiFi memang akan berdampak pada penurunan kualitas internet. Jika melebihi jumlah yang disarankan oleh penyedia layanan, maka koneksi tentu dapat menjadi semakin lambat karena bandwidth akan terbagi-bagi menjadi lebih kecil.

Tanpa mempertimbangkan hal itu, sejumlah orang kadang-kadang ikut bergabung begitu saja tanpa permisi setelah sebelumnya memperoleh informasi mengenai akun atau kata sandi. Sebagian di antara mereka bahkan ada yang dengan sesuka hati menggunakan bandwidth lebih besar seperti melakukan streaming video atau mengunduh berkas.

Memblokir pengguna seperti itu untungnya sangat mudah. Kita bisa melakukan hal tersebut secara langsung melalui pengaturan WiFi itu sendiri yang mana umumnya terletak pada setelan perangkat di router management.

WiFi IndiHome pun demikian. Meskipun mempunyai jenis router yang berbeda-beda mulai dari TP-Link hingga Huawei, memblokir pengguna WiFi di layanan ini dapat dilakukan kurang lebih dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Memblokir Pengguna WiFi IndiHome

Fiberhome HG6243c

  1. Buka peramban di laptop atau handphone
  2. Masukkan alamat 192.168.1.1 ke kolom URL dan ketik Enter
  3. Login menggunakan akun administrator
  4. Buka bagian Status
  5. Ketuk menu LAN Status
  6. Akses DHCP Clients List
  7. Catat MAC address (kolom MAC) dari perangkat yang tidak dikenal
  8. Ketuk tab Security
  9. Buka menu Firewall
  10. Ketuk opsi MAC Filtering
  11. Ubah menu MAC Filtering Enable menjadi Enable
  12. Ubah MAC Filtering Blacklist/Whitelist ke Black List
  13. Klik tombol Apply untuk menerapkan pengaturan
  14. Klik tombol Add di bagian MAC Address Filtering Table
  15. Isi MAC Address dengan data yang sudah dicatat sebelumnya
  16. Ubah bagian Enable ke Enable
  17. Ketuk tombol Apply

Perlu diingat bahwa router management mempunyai alamat akses berbeda-beda tergantung merek dan model perangkat. Kita biasanya dapat memperoleh informasi mengenai hal itu pada tempelan tulisan di bodinya.

Selain akan memperoleh alamat router management, kita juga bisa menemukan informasi mengenai nama akun dan kata sandi untuk mengakses layanan. Namun perlu diketahui bahwa hal ini berlaku jika setelan perangkat belum pernah diubah.

Dengan cara yang kurang lebih sama, kita pun bisa melakukan pemblokiran pengguna WiFi IndiHome pada perangkat Huawei HG8542H. Hanya saja perlu ada penyesuaian alamat router management maupun akun yang digunakan.

Huawei HG8542H

  1. Buka halaman 192.168.100.1 dengan peramban
  2. Masuk dengan akun administrator
  3. Buka tab Status
  4. Klik menu User Device Information
  5. Cari perangkat yang mencurigakan dan catat Mac Address-nya
  6. Masuk ke tab Security
  7. Buka menu WLAN MAC Filter Configuration
  8. Pastikan opsi Enable WLAN MAC Filter tercentang
  9. Klik tombol New
  10. Masukkan data yang dicatat sebelumnya ke kolom Source MAC Address
  11. Klik Apply

Selain menggunakan Fiberhome HG6243c dan Huawei HG8542H, IndiHome juga sering kali terlihat menggunakan ZTE F609. Pemblokiran pengguna WiFi juga dapat dilakukan oleh pelanggan yang memakai perangkat router model ini.

ZTE F609

  1. Akses halaman 192.168.1.1 memakai peramban
  2. Gunakan akun administrator untuk membuka pengaturan
  3. Klik bagian Network
  4. Masuk ke menu WLAN
  5. Buka opsi Associated Devices
  6. Catat MAC Address dari perangkat yang mencurigakan
  7. Buka menu Access Control List
  8. Ubah mode ke Block
  9. Masukkan data yang dicatat sebelumnya ke MAC Address
  10. Klik tombol Add

Namun berbeda dari kedua perangkat sebelumnya, informasi mengenai perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi sayangnya akan terlihat kurang jelas. Oleh karenanya kita bisa melihat informasi histori pengguna secara lebih rinci menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Fing.

Router yang dipakai oleh IndiHome dalam mendistribusikan layanannya tentu saja tak hanya sebatas tiga perangkat yang sudah disebutkan di atas. IndiHome di kemudian hari bisa saja menambahkan berbagai macam model baru bahkan dari merek lain.

Meskipun begitu, kita tak perlu khawatir karena cara memblokir pengguna WiFi IndiHome secara sederhana kemungkinan bakal mirip dengan pemaparan sebelumnya meskipun kita perlu sedikit menyesuaikannya.