Canon rilis lensa fisheye ganda pertama di dunia – Pembahasanku

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu bantu aku agar berkembang. Pada peluang saat ini, aku akan membahas berkenan Canon rilis lensa fisheye ganda pertama di dunia – Pembahasanku berharap bisa membantu anda menambahkan wawasan.

Pengaturan ini memungkinkan perekaman kiri dan kanan secara simultan ke sensor full-frame 45 MP EOS R5, yang dapat dikeluarkan sebagai file gambar tunggal hingga 8K DCI 30p atau 4K DCI 60p.

Canon belum lama ini meluncurkan lensa fisheye ganda untuk kamera mirrorless full-frame EOS R5. Lensa ini hadir untuk membuat video virtual reality (VR) 8K yang imersif, dan dilaporkan sebagai lensa digital pertama yang memungkinkan pengambilan video stereoskopik 3D 180 derajat ke satu sensor gambar.

“Lensa RF baru ini menghasilkan gambar VR 8K yang menakjubkan dan membedakan dirinya melalui alur kerjanya yang disederhanakan. Tujuan kami adalah membuat pengisahan cerita yang imersif lebih mudah diakses oleh semua orang”, kata perwakilan Canon AS, Tatsuro Kano.

Dilansir dari New Atlas (11/10), lensa RF5.2 F2.8 Dual Fisheye dilengkapi optik seri-L yang diposisikan 60 mm dari satu sama lain untuk menghadirkan citra 3D yang tampak alami saat dilihat melalui headset VR yang kompatibel, dengan Canon menyebutkan Oculus Quest 2 sebagai alat yang mungkin mendukung.

Pengaturan ini memungkinkan perekaman kiri dan kanan secara simultan ke sensor full-frame 45 MP EOS R5, yang dapat dikeluarkan sebagai file gambar tunggal hingga 8K DCI 30p atau 4K DCI 60p. Canon akan merilis software EOS VR Utility berbasis langganan yang akan memungkinkan konten kreator untuk mengedit rekaman dan mengatur resolusi dan format file sebelum ekspor, dan plug-in untuk Adobe Premier Pro juga akan tersedia dengan berlangganan. Pembaruan firmware yang akan datang untuk EOS R5 juga menambahkan fungsi pemotretan VR ke kamera.

Aperture yang dikontrol secara elektronik memungkinkan lensa VR ini untuk beroperasi seperti lensa RF lainnya, dengan besaran aperture f/2.8 hingga f/16. Konten kreator bisa sangat dekat dengan subjek hingga 0,2 meter saat merekam, dan memungkinkan juga pembesaran 0,3x. Bodi lensa ini dikatakan tahan terhadap debu dan cipratan air.

Ada pula lapisan khusus untuk membantu mengurangi flare. Harga lensa Canon F2.8 Dual Fisheye adalah USD1.999 (Rp28,4 juta).