Jam di Handphone Tidak Menunjukkan Waktu yang Sesuai, Kenapa? – Pembahasanku

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu dukung saya agar berkembang. Pada waktu saat ini, saya akan membahas tentang Jam di Handphone Tidak Menunjukkan Waktu yang Sesuai, Kenapa? – Pembahasanku semoga bisa membantu kamu menambahkan wawasan.

Smartphone Time[Ilustrasi: Pixabay]

Pembahasanku – Jam merupakan salah satu bagian penting yang hadir di handphone karena dapat menunjukkan waktu ketika sedang berada di suatu lokasi setiap saat.

Bahkan jam di handphone ini pun akan digunakan untuk berbagai keperluan seperti notifikasi jadwal meeting atau pertemuan penting dengan seseorang.

Pada saat jam di handphone tidak sesuai dengan waktu sebenarnya, maka jadwal bisa menjadi berantakan. Bahkan bisa saja kehilangan momen penting ketika tidak menghadiri pertemuan secara tepat waktu.

Sementara pada saat ke luar kota atau negara dengan zona waktu berbeda, mempunyai jam yang dapat menampilkan waktu sesuai dengan waktu sekitar pun merupakan hal penting. Jika tidak, tentunya akan membuat kamu sedikit kerepotan karena harus melihat sumber waktu lain yang padahal harusnya bisa dicek lewat handphone.

Maka dari itu, kamu perlu memahami mengapa jam di handphone terkadang tidak sesuai dengan waktu lokasi sekitar.

Penyebab Jam di Handphone Tidak Sesuai

Fitur Zona Waktu Otomatis Tidak Aktif

apabila jam di handphone tidak sesuai dengan waktu nyata pada daerah yang sedang kamu kunjungi, maka bisa saja handphone kamu tidak menggunakan pengaturan otomatis melainkan manual.

Misalnya saja lokasi tinggalmu berada di Bogor dengan zona WIB (Waktu Indonesia Barat) dan sedang liburan ke Bali dengan zona WITA (Waktu Indonesia Tengah), tentunya ada perbedaan waktu sebanyak satu jam yang perlu dihitung.

Jika kamu tidak mengaktifkan pengaturan zona waktu otomatis, nantinya jam yang ada di handphone masih menggunakan zona WIB dari daerah asal sehingga menjadi tidak tepat.

Untuk itu kamu perlu mengaktifkan fitur Automatic Time Zone yang bisa ditemukan pada halaman Date & time di aplikasi Settings agar jam di handphone selalu mengikuti daerah yang sedang dikunjungi secara otomatis.

Sistem Operasi Bermasalah

Salah satu penyebab berbagai permasalahan di handphone bisa jadi kemungkinan karena sistem operasi mengalami bug sehingga fungsinya menjadi terganggu. Kamu pun dapat coba melakukan restart agar sistem dapat kembali berfungsi sebagaimana harusnya.

Namun jika tetap terjadi masalah, maka kamu dapat melakukan Factory Reset agar handphone kembali seperti awal pertama kali digunakan dan baru keluar dari pabrikan. Perlu dicatat, kamu sebaiknya melakukan backup atau pencadangan data sebelum melakukan Factory Reset.

Sistem Operasi Lawas

Biasanya jam di handphone tidak sesuai juga bisa disebabkan oleh sistem operasi terlalu lawas sehingga kamu sebaiknya melakukan update secara berkala agar dapat membuat sistem dapat bekerja dengan baik.

Jadi selalu pastikan handphone kamu menggunakan sistem operasi terbaru agar dapat bekerja sebagaimana harusnya karena biasanya vendor juga akan mengirimkan berbagai perbaikan.