Berkenalan dengan IP Rating yang Banyak Dipakai Handphone – Pembahasanku

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu dukung kami agar berkembang. Pada kesempatan saat ini, aku akan membahas berkenan Berkenalan dengan IP Rating yang Banyak Dipakai Handphone – Pembahasanku berharap bisa membantu kamu menambahkan wawasan.

Apa Itu IP Rating Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Pembahasanku – Banyak perusahaan handphone kini mulai mengandalkan IP rating sebagai salah satu dukungan dalam perangkat buatannya untuk menggoda para pengguna selain memberikan proteksi ekstra.

IP rating memang telah menjadi standar proteksi elektronik sejak lama. Namun di masa sebelumnya, kebanyakan perusahaan menerapkannya untuk perangkat-perangkat tahan banting atau premium yang notabene secara umum dijual dengan harga lumayan mahal.

Adopsi standar tersebut untungnya sudah melunak seiring berjalannya waktu di mana sekarang ini perangkat di kelas menengah bahkan mulai memakainya. Kita yang membutuhkan misalnya dapat memilih handphone seperti POCO X3 NFC atau Xiaomi Redmi Note 10 yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 2 jutaan.

Standar yang digunakan pada berbagai perangkat menengah itu hanya saja cukup berbeda dari IP rating di handphone-handphone premium. Proteksi yang ditawarkan pun tergolong lebih rendah dengan faktor risiko lebih tinggi.

Sertifikat IP sendiri memang mempunyai beberapa tingkatan yang biasanya ditunjukkan dengan angka dan huruf. Supaya lebih paham dan tidak terjebak dengan penomorannya, mari kita berkenalan secara lebih mendalam.

Mengenal IP Rating

IP adalah singkatan dari Ingress Protection. Standar-standar yang terdapat di dalamnya dapat dipakai untuk menggambarkan bagaimana ketahanan suatu perangkat elektronik terhadap perembesan maupun kontak dari benda solid (seperti debu) dan air.

International Electrotechnical Commission menjadi organisasi yang bertanggung jawab dalam bertugas menetapkan dan menerbitkan berbagai macam standar pemakaian IP rating untuk perangkat elektronik.

Standar yang digunakan untuk IP rating pun mempunyai beberapa tingkatan. Penomoran biasanya ditunjukkan dengan kode huruf IP diikuti dengan dua angka yang akan menunjukkan tingkat ketahanan yang dimiliki oleh perangkat.

Angka pertama dalam hal ini akan menunjukkan ketahanan terhadap rembesan dan kontak terhadap benda solid sementara yang kedua terhadap air. Kode IP68 misalnya tersedia untuk perangkat yang mempunyai tingkat 6 pada tahan debu dan 8 untuk tahan air.

Tabel Angka Pada IP Rating

Tingkat Angka Pertama (Benda Solid) Angka Kedua (Air)
X Tidak ada data yang tersedia untuk proteksi terkait
0 Tidak mempunyai proteksi terhadap perembesan maupun kontak terhadap obyek
1 Terlindung dari benda berukuran di atas 50mm Tahan terhadap tetesan air yang tegak lurus
2 Terlindung dari benda berukuran di atas 12,5mm Tahan terhadap tetesan air yang tegak lurus hingga perangkat dimiringkan sebesar 15 derajat
3 Terlindung dari benda berukuran di atas 2,5mm Tahan terhadap tetesan air dari penyemprotan hingga kemiringan 60 derajat
4 Terlindung dari benda berukuran di atas 1 mm Tahan terhadap cipratan air dari berbagai sisi
5 Debu masih bisa masuk tetapi hanya sedikit dan tidak akan mengganggu kinerja alat Tahan terhadap semprotan air langsung (4,4psi dengan jarak 3 meter) dari berbagai sisi
6 Kedap terhadap debu secara penuh Tahan terhadap semprotan air kuat (15psi dengan jarak 3 meter) dari berbagai sisi
6K Tahan terhadap semprotan air kuat dengan tekanan lebih tinggi (150psi dengan jarak 3 meter) dari berbagai sisi
7 Tahan terhadap perendaman hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit
8 Tahan terhadap perendaman dengan kedalaman lebih dari 1 meter dengan kondisi sesuai ketentuan manufaktur
9K Tahan terhadap semprotan air bertekanan sangat tinggi (sekitar 145 hingga 1450 psi dengan jarak 0,10 hingga 0,15 meter)

Secara sederhana, semakin tinggi angka yang diusung dalam penomoran IP rating maka ketahanannya akan semakin baik. Kita pun tak perlu khawatir saat menggunakan perangkat saat kondisi gerimis maupun hujan asalkan sesuai level proteksinya.

Namun sedikit saran dari saya, kita tetap perlu menghindari kegiatan-kegiatan yang dapat membuat perangkat terkena air apalagi untuk handphone-handphone lawas karena tingkat proteksinya pun bisa memudar. Selain itu, garansi yang ditawarkan oleh perusahaan elektronik umumnya tidak berlaku untuk kerusakan akibat air.