Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Bisa Dijadikan Referensi

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu bantu aku agar berkembang. Pada kesempatan saat ini, saya akan membahas tentang Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Bisa Dijadikan Referensi berharap bisa membantu anda menambahkan wawasan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup. Dalam waktu dekat hendak mengirimkan aplikasi lamaran pekerjaan? Jika iya, maka kamu juga perlu menyiapkan contoh daftar riwayat hidup di dalamnya. Daftar riwayat hidup kemudian juga disebut dengan istilah CV atau curriculum vitae ini adalah daftar penting yang menyempurnakan suatu aplikasi lamaran pekerjaan.

Berkat adanya daftar riwayat hidup, maka perusahaan bisa mengenal kamu secara lebih mendalam. Sekaligus bisa menjadikan informasi di dalamnya sebagai bahan pertimbangan untuk menerima kamu sebagai kandidat atau sebaliknya. Jadi, tidak keliru rasanya jika dalam menyusun daftar riwayat hidup harus teliti.

Khususnya bagi pencari kerja baru, dijamin membutuhkan contoh daftar riwayat hidup sebagai referensi. Sebab berbekal daftar riwayat hidup yang baik, maka seseorang bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan terbaiknya. Jadi, sudahkah tahu bagaimana membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar?

Pengertian Daftar Riwayat Hidup

Sebelum mengintip berbagai contoh daftar riwayat hidup, maka kenali dulu definisi dari daftar riwayat hidup itu sendiri. Daftar riwayat hidup dikenal pula dengan nama CV atau curriculum vitae. Secara bahasa, curriculum vitae berarti perjalanan hidup. CV atau pun daftar riwayat hidup memiliki makna yang sama dan sama-sama berisikan tentang data pribadi seseorang yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan.

Artinya, dokumen yang berisi perjalanan hidup ini bisa diberi judul sebagai daftar riwayat hidup, CV, maupun curriculum vitae. Semua istilah tersebut mengarah pada satu hal yang sama. Adapun perjalanan hidup ini meliputi riwayat pendidikan, bisa dicantumkan sejak TK bisa juga dimulai sejak SMA sampai masuk perguruan tinggi.

Biasanya semakin tinggi pendidikan seseorang, maka di dalam daftar riwayat hidup hanya dicantumkan pendidikan tinggi saja. Hal ini sejalan dengan fokus utama ketika mengajukan lamaran pekerjaan. Membantu pihak HRD untuk langsung tahu kandidat pemilik CV tersebut lulusan apa, darimana, dan kapan.

Informasi lain yang bisa dicantumkan adalah data diri, dan dibuat selengkap mungkin. Selanjutnya mengenai pengalaman magang, berorganisasi, dan lain sebagainya. Segala aktivitas yang pernah dilakukan dan memberikan sumbangsih keterampilan maka sangat layak dicantumkan di dalam CV tersebut.

Unsur di Dalam Daftar Riwayat Hidup

Pembuatan daftar riwayat hidup memang perlu dibuat sedetail mungkin, namun tetap menyampaikan informasi penting yang bisa menjadi bahan pertimbangan HRD dalam menyaring kandidat karyawan. Penyusunan yang baik dan benar akan memberi kesan positif dan memperbesar peluang untuk dipanggil wawancara.

Secara umum, dari berbagai contoh daftar riwayat hidup nantinya akan dijumpai sejumlah unsur penting. Unsur penting tersebut mencakup:

1. Data Diri

Unsur pokok yang pertama di dalam daftar riwayat hidup atau CV adalah data diri. Data diri ini mencakup informasi mengenai identitas pribadi, mulai dari nama, tempat, tanggal lahir, nomor handphone, dan lain sebagainya. Informasi personal ini penting untuk membantu HRD mengenal kamu secara personal juga.

Tidak perlu menyembunyikan, menambah, maupun mengurangi segala hal yang berhubungan dengan data diri. Sebab semua data tersebut sebaiknya memang valid dan bisa dibuktikan dengan sejumlah dokumen. Misalnya dengan KTP, ijazah terakhir, SIM, dan lain sebagainya.

Belakangan ini, pihak HRD juga berharap calon pelamar pekerjaan mencantumkan nama akun media sosial yang dimiliki. Misalnya sebagai upaya untuk mengetahui rekam jejak calon karyawan di dunia digital. Jadi, pastikan selama ini sudah bijak dalam menggunakan internet khususnya akun media sosial pribadi.

2. Pendidikan

Unsur kedua di dalam contoh daftar riwayat hidup adalah pendidikan. Pendidikan bahkan menjadi bagian paling penting di dalam daftar riwayat hidup. Meskipun unsur lainnya juga tidak kalah penting, hanya saja pendidikan biasanya menjadi fokus utama setelah membaca data diri.

Khusus untuk unsur pendidikan, pada dasarnya tidak perlu mencantumkan sejarah pendidikan dari TK. Disebutkan dari berbagai sumber bahwa pendidikan di dalam CV cukup dua pendidikan terakhir saja. Sebutkan nama instansi atau sekolah, jurusan, tahun kelulusan, dan IPK yang diperoleh setelah lulus.

Inilah alasan kenapa orang dengan pendidikan tinggi memilih mencantumkan pendidikan terakhirnya. Sebab jika ditulis semua maka CV yang dibuat akan sangat panjang dan menghabiskan banyak halaman. Padahal, pihak HRD bahkan tidak terlalu tertarik kamu lulus TK dan SD dimana.

Fokus utamanya adalah pendidikan terakhir yang kamu selesaikan apa, dan itu sudah cukup. Jadi, pada saat melihat contoh daftar riwayat hidup dijamin hanya melihat dua pendidikan terakhir saja. Tidak perlu menulis panjang lebar dan melelahkan, karena efeknya tetap sama. Yakni pendidikan terakhir yang dilihat.

3. Pengalaman Kerja

Unsur penting ketiga adalah pengalaman pekerjaan, hal ini perlu dicantumkan oleh siapa saja yang hendak membuat daftar riwayat hidup. Pengalaman pekerjaan menjadi bagian penting juga, karena bisa menjadi bahan pertimbangan HRD saat menemukan calon karyawan dengan pengalaman kerja yang linier.

Misalnya saja, suatu perusahaan membutuhkan seorang akuntan. Biasanya HRD akan memilih calon karyawan baru yang tidak hanya lulusan akuntansi, melainkan juga sudah punya pengalaman sebagai akuntan. Sehingga apapun pengalaman pekerjaan yang dimiliki, silahkan dicantumkan.

Hindari menambahkan pengalaman kerja yang tidak valid alias berbohong, sebab pihak HRD bisa melakukan pengecekan. Jika ketahuan berbohong maka ada kemungkinan di masa mendatang akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Padahal, punya riwayat pekerjaan yang banyak tidak selalu yang utama.

Sebab, bagi mahasiswa yang baru saja diwisuda lebih condong menonjolkan pengalaman berorganisasi dan juga magang. Jadi, saat belum memiliki pengalaman pekerjaan maka bisa dikosongkan. Namun, tambahkan keterangan pada kolom khusus untuk magang dan organisasi.

Jika semasa kuliah aktif di BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), meskipun menjadi anggota maka tetap perlu dicantumkan. Aktif berorganisasi membantu setiap orang mendapatkan lebih banyak keterampilan, sehingga sering dijadikan bahan pertimbangan oleh HRD. Begitu juga dengan pengalaman magang.

4. Keterangan Tambahan

Khusus untuk siapa saja yang belum memiliki pengalaman pekerjaan, maka bisa melihat contoh daftar riwayat hidup yang benar-benar tepat. Yakni perlu menambahkan keterangan tambahan. Keterangan tambahan ini seperti poin sebelumnya berisi pengalaman berorganisasi, pengalaman magang, dan lain-lain.

Selain itu, pada keterangan tambahan juga bisa diisi dengan berbagai keterampilan yang dikuasai. MIsalnya saja menguasai kemampuan membuat desain, sebutkan kemampuan tersebut dan nama aplikasi yang dikuasai. Selain itu, daftar semua kursus yang pernah diikuti, seminar penting yang pernah diikuti, dan lain-lain.

Meskipun masih belum memiliki pengalaman pekerjaan, jika keterangan tambahan ini menyajikan daftar keterampilan dan keahlian yang mumpuni. Maka kesempatan untuk diterima bekerja juga akan sama besarnya dengan mereka yang sudah berpengalaman panjang di dunia kerja.

5. Tanda Tangan

Jika kamu membuat daftar riwayat hidup menggunakan tulisan tangan, di bagian bawahnya kamu wajib mencantumkan tanda tangan, waktu dan tempat ketika surat tersebut ditulis. Hal ini menunjukan bahwa kamu memang benar-benar menulis daftar riwayat hidup tersebut tanpa paksaan dari siapapun.

Tanda tangan biasanya diikuti oleh nama lengkap, dan kini tak hanya dicantumkan saat membuat daftar riwayat hidup manual. Melainkan juga yang diketik dengan Microsoft Word sebagai penanda siapa pemilik dan pembuat daftar riwayat hidup tersebut.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Supaya lebih mudah dalam menyusun daftar riwayat hidup sendiri, berikut adalah contoh daftar riwayat hidup:

1. Contoh Daftar Riwayat Hidup 1

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

  1. Nama: Julda Ahmad
  2. Tempat Tanggal Lahir: Yogyakarta, 15 Februari 1984
  3. Jenis Kelamin: Laki-Laki
  4. Status: Belum Kawin
  5. Alamat: Jl. Merdeka No 14 Kel. Pancoran Kec. Medan Barat Jakarta Barat 5000
  6. Kewarganegaraan: Indonesia
  7. Agama: Islam
  8. Nomor Handphone: 0811 2233 4433
  9. Email: juldaa@gmail.com

Pendidikan:

  1. SD Al Washliyah 19 Jakarta 1993 – 1998
  2. SMP Negeri 1 Jakarta 1998 – 2001
  3. SMA Pelita Harapan 2001 – 2004
  4. Universitas Indonesia (Ekonomi) 2004 – 2008

Pengalaman Organisasi:

  1. Anggota badan eksekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2004 – 2007.

Minat dan keahlian:

  1. Mampu berbicara dengan baik
  2. Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing
  3. Suka menulis

Hormat saya

Julda Ahmad

 

2. Contoh Daftar Riwayat Hidup 2

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

  1. Nama : Raditya Alam
  2. Jenis Kelamin : Laki – laki
  3. Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 12 November 1990
  4. Kewarganegaraan : Indonesia
  5. Status Perkawinan : Belum Menikah
  6. Agama : Islam
  7. Kesehatan : Sangat Baik
  8. Alamat Lengkap : Jl. Gaperta No. 13 Kel. Medan Helvetia Kec. Helvetia Kota Medan 20211
  9. Nomor Telepon : 08122211331

PENDIDIKAN FORMAL

  1. 1998 – 2001 : SD N 3 Medan
  2. 2001 – 2004 : SMP 45 Medan
  3. 2004 – 2007 : SMA Matraman Medan
  4. 2007 – 2014 : Program S1 Manajemen di Universitas Sumatera Utara

PENGALAMAN KERJA

  1. Bekerja di PT. BANK CENTRAL ASIA Tbk. Medan Sebagai Verifikator Kartu Kredit Januari 2009 – September 2009
  2. Bekerja di PT. Mitra Sejahtera sebagai Head Marketing  Desember 2009 – Juli 2011
  3. Bekerja di PT. Melia Sehat Sejahtera Medan sebagai Top Leader September 2013 – Februari 2015
  4. Bekerja di PT. Sinchan Abadi Medan sebagai Administrasi Maret 2015 – Sekarang

PRESTASI

  1. Juara 1 Bulu Tangkis Piala Gubernur (2011)
  2. Juara 1 Bulu Tangkis Antar Mahasiswa Nasional USU (2014)

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini. Saya buat dengan sesungguhnya.

Hormat saya,

Nugroho Septian

 

3. Contoh Daftar Riwayat Hidup 3

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama : Septi

Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 11 Maret 1998

Alamat lengkap : Jl. Imogiri Timur Km.12,8 Puton, Trimulyo, Jetis Yogyakarta

Jenis Kelamin : Perempuan

Warga Negara : Indonesia

No. Telp : 0812981032

PENDIDIKAN

  1. SD N 2 Yogyakarta
  2. SMP Negeri 1 Yogyakarta
  3. SMA 7 Yogyakarta

PENGALAMAN KERJA

  1. Sari Warna

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sesungguhnya serta menurut keadaan yang sebenarnya.

Hormat saya,

Septi

 

4. Contoh Daftar Riwayat Hidup 4

Curriculum Vitae

Personal Details

Name : Alex okky

Address : JI. Gunung Batu, Bogor, West Java 16128

Phone Number : 0812 000 00 000

Place & Date of Birth Gender :  Bogor, June 1988

Marital Status : Single

Religion : Islam

Nationality : Indonesian

Educational Background

  1. 1992 – 1999 Indonesia International, Elementary School, Bogor
  2. 1999 – 2002 Junior High School / SMPN 07 Bogor
  3. 2002 – 2005 Senior High School SMAN 01 Bogor
  4. 2005 – 2008 Accounting Degree University of Indonesia GPA = 3.85 (scale 4)

Job Experiences

  1. August -September 2008 On the job training at PT. Rajawali Raya (Persero) Bogor
  2. January, 2010 English Course at Bogor English Course Education Centre
  3. On June 2012 TOEFL Test at Gajah Mada University
  4. 2013-2014 Marketing in Finance Companies
  5. Computer skills
  6. Web Design, Programming, Internet Marketing, Micro- I soft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, making software, Corel Draw, Adobe Photoshop.

Personality

Good attitude, kind, communicative, diligent, tolerant, target oriented, disciplined, honest, and responsible.

Bogor, 25 Maret 2015

Alex Okky

 

5. Contoh Daftar Riwayat Hidup 5

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

  1. Nama : Nugroho Septian
  2. Jenis Kelamin : Laki – laki
  3. Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 13 Desember 1990
  4. Kewarganegaraan : Indonesia
  5. Status Perkawinan : Belum Menikah
  6. Agama : Islam
  7. Kesehatan : Sangat Baik
  8. Alamat Lengkap : Jl. Gaperta No. 13 Kel. Medan Helvetia Kec. Helvetia Kota Medan 20211
  9. Nomor Telepon : 08122211331

PENDIDIKAN FORMAL

  1. 1998 – 2001 : SD N 3 Medan
  2. 2001 – 2004 : SMP 45 Medan
  3. 2004 – 2007 : SMA Matraman Medan
  4. 2007 – 2014 : Program S1 Manajemen di Universitas Sumatera Utara

PENGALAMAN KERJA

  1. Bekerja di PT. BANK CENTRAL ASIA Tbk. Medan Sebagai Verifikator Kartu Kredit Januari 2009 – September 2009
  2. Bekerja di PT. Mitra Sejahtera sebagai Head Marketing  Desember 2009 – Juli 2011
  3. Bekerja di PT. Melia Sehat Sejahtera Medan sebagai Top Leader September 2013 – Februari 2015
  4. Bekerja di PT. Sinchan Abadi Medan sebagai Administrasi Maret 2015 – Sekarang

PRESTASI

  1. Juara 1 Bulu Tangkis Piala Gubernur (2011)
  2. Juara 1 Bulu Tangkis Antar Mahasiswa Nasional USU (2014)

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini. Saya buat dengan sesungguhnya.

Hormat saya,

Nugroho Septian

 

6. Contoh Daftar Riwayat Hidup 6

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

  1. Nama : Adi Nugroho
  2. Jenis Kelamin : Laki-laki
  3. Tempat & tanggal Lahir : Surabaya, 15 Maret 1979
  4. Alamat : Jl. Kertosono No. 21 Kel. Timbang rasa Kec. Suramadu Kota Surabaya
  5. No. HP : 0122111592
  6. Agama : Buddha
  7. Kewarganegaraan : Indonesia
  8. Status : Menikah
  9. Email : adidotcom@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL

  1. SD Negeri 4 Surabaya
  2. SMP Negeri 1 Surabaya
  3. SMA Negeri 5 Surabaya

PENGALAMAN KERJA

  1. ASTRA  jabatan Sales Executive
  2. TELKOM INDONESIA jabatan Salesman
  3. MITRA PASIFIK SOFT jabatan Head Marketing

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Hormat saya,

Adi Nugroho