Toko Online yang Sukses Tidak Akan Bersaing Dengan Harga! – Pembahasanku

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu support saya agar berkembang. Pada kesempatan saat ini, aku akan membahas berkenan Toko Online yang Sukses Tidak Akan Bersaing Dengan Harga! – Pembahasanku semoga bisa membantu kamu menambahkan wawasan.

Toko online yang sukses

Kalau kita perhatikan, berjualan via toko online merupakan salah satu primadona bagi para pebisnis jaman sekarang. Beberapa alasannya, karena toko online sangat mudah untuk dibuat, biayanya murah, dan dapat menjangkau lebih banyak orang via internet.

Tetapi, apakah semudah itu membangun toko online yang sukses? Apalagi di tengah riuhnya toko online yang sudah sangat “masif” di internet. Anda bisa membayangkan diri sekarang sedang berada di tengah pasar yang padat.

Lalu, bagaimana caranya agar “suara Anda terdengar” dan menarik perhatian para pengunjung?

Bersaing Dengan Harga Termurah – No!

Sorry to say, mungkin ada yang beranggapan bahwa cara terbaik untuk meraih banyak pelanggan adalah bersaing di harga – tetapi itu cara yang kurang bijak jika tidak ingin dibilang bodoh! Mengapa seperti itu?

Begini: Siapapun bisa menjual dengan harga lebih murah dan lebih murah lagi daripada kompetitor? Tetapi, apakah dengan cara ini Anda akan menghasilkan uang? Anda bisa membayangkan bila ada kompetitor lain masuk dengan harga yang lebih murah lagi?

Hmm, sampai kapan “lingkaran setan” ini terus terjadi dan Andapun KALAH! Kalau hanya mengandalkan harga murah, bisa dipastikan Anda harus memangkas biaya-biaya operasional yang dibutuhkan untuk membangun brand Anda, bukan?

Jadi?

Sesungguhnya yang harus Anda tahu adalah customer tidak hanya mengharapkan harga termurah tetapi pelayanan terbaik. Tahukah Anda bahwa pencari diskon ataupun customer yang datang pada Anda hanya karena harga – memiliki loyalitas yang rendah.

Mohon maaf pada para pencari diskon, hehe.

Tetapi, kalau kita ditanya secara pribadi sebagai pencari diskon / harga termurah, akui sajalah. Jika ada harga yang lebih murah lagi maka kita biasanya akan berpaling ke yang lebih murah lagi.

Apalagi jika kualitas layanan yang diberikan oleh sebelumnya, bisa dikatakan standar, kalau tidak ingin dibilang buruk!

Baca juga: 6 Tipe Konsumen Bisnis Online dan Cara Memuaskan Mereka

Mencontoh Bisnis yang Tidak Mau Perang Harga

Perhatikan perusahaan raksasa Apple. Apple berani hadir dengan harga premium. Padahal kalau kita perhatikan, ada banyak orang yang berkomentar miring; “untuk harga segitu, kita bisa mendapat spesifikasi yang lebih di merk lain”.

Tetapi, bagaimana faktanya? Apple terus berjaya dan menjadi incaran orang-orang, khususnya kalangan menengah ke atas.

Apa yang kita pelajari? Ya, mereka bisa menawarkan produk dengan konsep premium, meski kompetitor menwarkan harga lebih murah dengan spek yang okay atau bahkan bisa lebih tinggi.

Anda pasti bisa nilai sendiri apa kelebihan Apple daripada produk-produk kompetitornya, bukan? Saya tidak harus sebut, Anda bisa mengetahuinya sendiri.

Jadi, jika ingin toko online lebih sukses jangan ikuti permainan kompetitor dengan perang harga. Ketimbang bersaing harga yang membuat Anda minim untung atau bahkan rugi, lebih baik menerapkan beberapa hal berikut:

1. Memberikan Layanan Pelanggan dengan Baik

Customer akan selalu ingat pada toko online yang melayaninya dengan baik. Itu pasti! Dan kemungkinan besar pembeli lama akan langsung mengingat toko online tersebut ketika ingin membeli produk yang sama.

Mengapa ada toko online yang sangat laris di pasar padahal harga produknya tidak lebih murah dari kompetitor? Kemungkinan besar toko tersebut banyak mendapat review positif dari pembeli sebelumnya.

Orang-orang berkata bahwa penjualnya penjualnya cepat tanggap membalas pertanyaan dari calon pembeli. Selain itu, penjualnya juga ramah dan asyik diajak gobrol ketika menawarkan produknya.

Nah, ini merupakan dampak jangka panjang dari memberikan layanan yang baik pada pembeli. Tidak hanya menyukai produknya, pembeli juga suka pada pelayanannya.

Produk yang sama bisa saja dijua oleh penjual lain, tapi cara pelayanan pelanggan yang berbeda akan memberikan dampak positif terhadap angka penjualan meskipun harga produk tidak lebih murah.

2. Memastikan Bisnis Tetap Untung

Dalam menjalankan bisnis, salah satu yang paling penting adalah memastikan bisnis Anda tetap untung. Tidak salah untuk memberikan harga murah tetapi tentu akan menjadi win-win solution ketika Anda memberi harga terbaik, bukan?

Harga terbaik adalah perpaduan harga yang masuk akal ditambah dengan kualitas pelayanan terbaik.

Hasilnya?

Customer puas dan ingat pada Anda, Andapun bisa tidak hanya cukup makan saja tetapi cukup untuk liburan – pikiran segar kembali, Anda siap untuk memikirkan ide menarik selanjutnya untuk customer. Menyenangkan bukan?

3. Memastikan Kualitas Produk

Produk yang berkualitas adalah produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan melebihi harapan konsumen. Selain itu, produk dianggap berkualitas jika telah memenuhi standar performa, keandalan, keistimewaan, estetika, dan manfaat.

Ketimbang menurunkan harga produk agar mudah laku, lebih tepat bila pebisnis online mengedepankan kualitas dari produk yang dijual.

Terkadang konsumen kurang memperhatikan kualitas dan manfaat produk yang akan dibelinya sehingga dianggap mahal. Pastikan konsumen mendapatkan informasi bahwa produk yang dijual merupakan produk berkualitas dan bermanfaat bagi konsumen.

Dengan begitu, produk tersebut tidak akan dianggap mahal. Mengapa? Karena konsumen tahu dan paham bahwa produk tersebut asli, berkualitas, bermanfaat, dan dibutuhkannya.

Artikel terkait: Cara Menentukan Harga Jual Produk dengan Tepat

Tips Singkat Jika Ingin Membangun Toko Online yang Sukses

Sudah tahu prinsip dasarnya, sekarang mari kita perhatikan langkah untuk memulai toko online yang sukses. Harus mulai dari mana? Berikut beberapa poinnya:

1. Mencari Tahu Kebutuhan Pasar

Ya, berpikirlah dari sudut pandang calon pembeli / customer Anda. Sebagai contoh, apabila Anda ingin membuka toko online baju, pikirkan baju yang bagaimana yang mereka suka.

Oya, tidak salah untuk menargetkan pasar yang spesifik. Jualan khusus baju oversized, misalnya? Kedengarannya menarik.

2. Melakukan Riset Produk

Tentu saja, berpikir sendiri dan menduga-duga tanpa melakukan riset – hasilnya akan kurang akurat. Untuk itu, Anda bisa melakukan riset produk apa yang sedang booming di toko online lainnya yang sudah ada.

Dari sini, kitapun bisa mendapatkan gambaran pasar kita nantinya, kemudian memikirkan hal unik apa yang bisa kita tawarkan.

3. Menjadi Reseller / Dropshipper

Tidak perlu langsung memikirkan untuk membuat toko online yang besar, tetapi Anda bisa mulai dari bawah, misalnya bisnis dropship atau reseller. Kita akan bisa belajar terlebih dahulu bagaimana cara menjual produk, sebagai latihan untuk terjun ke bisnis yang lebih luas.

Ingat prinsip yang disebutkan di awal artikel: kualitas pelayanan. Jangan takut bisnis Anda tidak menjadi besar karena Anda menjadi reseller atau dropshipper. Banyak contoh membuktikan, toko online yang sukses ternyata dimulai dari reseller dan dropshipping.

Kesimpulan

Persaingan toko online memang sudah sangat ketat saat ini. Apalagi toko online di marketplace terus bertambah dan bertumbuh setiap hari, membuat banyak pebisnis online merasa sumuk.

Banyak online shop yang memilih banting harga agar konsumen mau membeli dari tokonya. Mereka tidak sadar bahwa merusak harga pasar hanya akan membuat mereka RUGI, dan akan ada kompetitor lainnya yang menawarkan harga yang lebih murah lagi.

Ketimbang perang harga, lebih baik Anda fokus pada branding, layanan pelanggan, kualitas produk, dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan bisnis Anda lebih baik di masa depan. Anda juga perlu mengedukasi konsumen yang suka menawar murah agar mengerti bahwa suatu produk memiliki harga standar.

Nah, bagaimana dengan Anda, apakah toko online Anda masih sibuk perang harga dengan pesaing?