Istilah-Istilah Dalam Web Hosting, Khusus untuk Pemula – Pembahasanku

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu dukung saya agar berkembang. Pada kesempatan saat ini, saya akan membahas tentang Istilah-Istilah Dalam Web Hosting, Khusus untuk Pemula – Pembahasanku berharap bisa membantu anda menambahkan wawasan.

Istilah dalam web hosting

Sebuah website membutuhkan domain dan hosting agar bisa online. Keduanya saling melengkapi satu sama lain agar sebuah website dapat dibuka dan dilihat melalui browser.

Di artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa hal terkait hosting, di antaranya:

  • Pengertian hosting secara singkat.
  • Fungsi utama domain dan hosting.
  • Daftar istilah yang berhubungan dengan domain, hosting, dan website.

Yuk simak artikel ini sampai akhir, agar Anda lebih mengenal istilah-istilah yang sering digunakan dalam website.

Apa Itu Hosting?

Hosting adalah sebuah layanan yang digunakan oleh individu, perusahaan atau organisasi yang berfungsi untuk menyimpan semua data sebuah website agar nantinya website tersebut dapat diakses dengan menggunakan internet.

Ketika Anda menggunakan internet untuk mengunjungi sebuah situs web, hal pertama yang Anda lakukan di browser adalah mengetikkan nama domain atau kata kunci tertentu yang ingin Anda cari di kolom pencarian.

Setelah itu, komputer akan terhubung pada server dan halaman web akan dikirim dan ditampilkan lewat browser seperti salah satu halaman yang sedang Anda baca sekarang. Untuk itu, jika Anda ingin memiliki website, domain dan hosting adalah hal penting pertama yang harus Anda miliki.

Hosting sendiri dapat diibaratkan seperti sebuah gedung yang disewakan dengan ukuran tertentu, dan setiap gedung tentunya memiliki ukuran yang berbeda antara satu gedung dengan gedung lainnya. Hal ini mirip dengan hosting dimana setiap layanan juga akan memberikan ruang atau storage yang juga berbeda.

Sederhananya, web hosting adalah suatu layanan yang berfungsi sebagai tempat menyimpan database sebuah website sehingga dapat diakses melalui internet. Data tersebut berupa dokumen, gambar, video, email, aplikasi, dan lain sebagainya.

Apa Fungsi Web Hosting?

Pada dasarnya fungsi utama hosting adalah sebagai tempat untuk menyimpan basis data sebuah website. Dengan begitu, maka website dapat diakses kapan saja dan dari mana saja melalui internet browser.

Ada 3 fungsi utama web hosting, yaitu:

1. Tempat Menyimpan Basis Data

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fungsi utama dari web hosting adalah sebagai tempat untuk menyimpan basis data sebuah website.

Data tersebut mencakup dokumen, video, gambar, email, aplikasi, dan lain sebagainya. Pengguna internet dapat mengakses data-data tertentu di web hosting melalui browser internet.

Hosting bisa diibaratkan sebuah tanah jika semakin besar bagian luar tanah yang dimiliki, semakin besar luas rumah yang bisa dibangun, semakin banyak pula barang yang disimpan atau diisi tanah tersebut. Untuk itu, hosting murah berbayar juga mempunyai harga yang bervariasi seperti 30 MB, 50 MB, 300 MB hingga ratusan GB yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Semakin banyak kebutuhan untuk menyimpan data, semakin tinggi harga hosting. Hal ini berbeda jika Anda menggunakan hosting gratis yang biasanya sangat terbatas oleh ruang penyimpanan data yang disediakan untuk menyimpan semua data yang dibutuhkan oleh website.

2. Sebagai Alamat Akses Data Sebuah Website

Web hosting juga berfungsi sebagai redirect akses dari Domain Name Server (DNS) tertentu. Hal ini dibutuhkan untuk menghubungkan antara nama domain dengan database yang ada di hosting.

Saat Anda ingin mengakses situs, provider domain akan mengakses alamat hosting yang Anda gunakan, baik itu shared hosting, cloud server, VPS, atau jenis hosting lainnya yang Anda gunakan untuk menjalankan situs.

Jika tidak ada hosting, meskipun alamat situs terdaftar dalam daftar DNS yang Anda gunakan, situs web atau situs Anda tidak akan dapat diakses dan akan muncul kesalahan tanpa alamat yang terhubung atau sejenisnya ketika Anda mencoba mengakses web.

3. Memastikan Website Tetap Online

Hosting juga berfungsi untuk memastikan sebuah website tetap online dan dapat diakses via internet browser. Selama web hosting tidak mengalami masalah maka website di dalamnya akan dapat diakses oleh siapa saja di internet.

Penting sekali untuk memilih provider hosting berkualitas dengan layanan pelanggan yang baik. Dengan memilih hosting yang tepat, server tidak akan mudah down dan pengunjung bisa mengakses website Anda dengan lancar.

Beberapa hosting terkadang juga memiliki kekurangan seperti sering down sehingga website tidak bisa diakses, apalagi jika banyak pengunjung yang mengakses website Anda.

Bagi Anda pelaku bisnis online, sebaiknya hindari hosting seperti ini. Mengapa? Karena situs bisnis harus dapat diakses 24 jam agar calon pelanggan bisnis Anda selalu dapat mengakses web dengan baik.

4. Kemudahan Kustomisasi

Layanan hosting juga dapat memberikan kemudahan bagi setiap pengguna, yang memudahkan pengelolaan kustomisasi melalui panel kontrol yang dapat disesuaikan dengan situs pengguna. Anda dapat menggunakan panel kontrol ini untuk mengelola dan menambahkan sejumlah fitur seperti mengunggah file dan gambar, membuat akun email sesuai nama domain dan juga memeriksa statistik pengunjung.

Daftar Istilah Dalam Web Hosting

Ada cukup banyak istilah yang sering digunakan dalam bidang web hosting. Berikut adalah beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia web hosting:

No Daftar Istilah Deskripsi
1 Hosting Hosting atau web hosting adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan basis data website. Data tersebut mencakup, dokumen, video, audio, gambar, dan file lainnya yang dapat diakses via internet.
2 Shared Hosting Shared hosting adalah layanan hosting dimana dalam satu hosting terdapat beberapa akun hosting dalam satu server.

Biasanya shared hosting harganya lebih murah. Namun, performa dan privasinya tidak sebaik dedicated hosting.

3 WordPress Hosting Hosting WordPress adalah bentuk hosting web yang dioptimalkan untuk menjalankan situs WordPress. Dengan menggunakan host WordPress, Anda akan menerima banyak alat dan layanan yang dirancang khusus untuk situs WordPress.
4 Virtual Private Server (VPS) VPS adalah layanan server bersifat pribadi/ private dimana seluruh sumber daya servernya khusus untuk satu pengguna saja. VPS dapat diibaratkan seperti menyewa rumah sendiri dan tidak ada penyewa lain di dalamnya sehingga Anda bebas mengelolanya.
5 Bandwidth Dalam bidang website, bandwidth adalah besarnya volume data yang dapat diakses pada website setiap bulannya. Biasanya pemilik website diberikan Bandwidth dalam hitungan Gigabyte (GB).

Namun, ada juga penyedia web hosting yang menawarkan layanan unlimited/ unmetered bandwidth bagi para pengguna hosting.

6 Addon Domain Addon domain adalah domain yang berfungsi penuh yang dapat dibuat dari dalam kontrol panel hosting Anda. Fitur ini memungkinkan penyewa hosting menambahkan lebih dari satu domain dalam hosting yang sama.
7 Parked Domain Parked domain (domain terparkir) adalah nama domain yang terdaftar, tetapi tidak terhubung ke layanan online seperti situs web atau hosting email. Dengan kata lain, ini adalah nama domain yang dibeli yang saat ini tidak digunakan. Sebaliknya, domain tersebut “diparkir” untuk penggunaan di masa mendatang.
8 Domain Name Server (DNS) DNS adalah singkatan dari “Sistem Nama Domain”. Ini adalah suatus sistem yang memungkinkan Anda terhubung ke situs web dengan mencocokkan nama domain yang dapat dibaca manusia (Maxmanroe.com) dengan ID unik server tempat situs web disimpan.
9 Random Access Memory (RAM) RAM adalah tempat penyimpanan sementara file website pada server hosting. RAM sangat berpengaruh pada kecepatan akses website dan permintaan dari pengunjung website, terutama website yang trafiknya tinggi.
10 CPU Core CPU core adalah komputer yang berfungsi untuk menerima instruksi dan melakukan tindakan berdasarkan perintah dari pengguna website. Website yang memiliki database besar dan trafik tinggi umumnya memiliki CPU core yang besar agar instruksi dapat dikerjakan dengan cepat.
11 Secure Socket Layers (SSL) SSL adalah lapisan keamanan tambahan yang dapat membantu melindungi website dengan enkripsi data yang canggih. Situs web yang menggunakan SSL ditandai dengan HTTPS pada URL dan ada logo gemboknya.
12 Content Management System (CMS) CMS adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membangun dan mengelola situs web tanpa harus membuat kode dari awal, atau mengetahui cara membuat kode sama sekali.
13 Data Center Data center aatau pusat data adalah fasilitas yang digunakan untuk menyimpan semua file website dengan jaringan komputer tingkat tinggi. Pusat data disertai dengan berbagai komponen terkait, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data.
14 Uptime Server Uptime server adalah hitungan waktu sebuah server dapat membuat sebuah website online tanpa down. Uptime server menjadi salah satu faktor penting dalam memilih hosting website.
15 cPanel cPanel adalah sebuah perangkat lunak yang terinstal pada hosting dan server dan berfungsi untuk memudahkan dalam mengelola website.
16 File Transfer Protocol (FTP) FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol jaringan untuk mentransmisikan file antar komputer melalui koneksi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dalam suite TCP/IP, FTP dianggap sebagai protokol lapisan aplikasi.
17 IP Address IP address adalah label numerik yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan Protokol Internet untuk komunikasi. Alamat IP memiliki dua fungsi utama: host atau identifikasi antarmuka jaringan dan pengalamatan lokasi website.
18 MySQL MySQL adalah sistem manajemen database yang digunakan pada hosting untuk melakukan proses CRUD (Create, Read, Update, Delete).
19 Disk Space Disk space adalah jumlah ruang yang Anda dapatkan di server untuk menyimpan konten situs web Anda. Konten situs web Anda terdiri dari semua gambar, teks, file CSS dan Java, Flash, dll.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa web hosting adalah jenis layanan hosting Internet yang memungkinkan individu dan organisasi membuat situs web mereka dapat diakses melalui World Wide Web (www).

Ada beberapa jenis layanan hos, yaitu; shared hosting, dedicated hosting, virtual private server, colocation server. Penggunaan jenis layanan hos harus disesuaikan dengan kebutuhan dari sebuah website.

Demikianlah ulasan tentang fungsi web hosting serta beberapa istilah terkait. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan.