PPKM Diperpanjang? Intip 9 Peluang Bisnis Jasa Ini! – Pembahasanku

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu dukung saya agar berkembang. Pada waktu saat ini, aku akan membahas berkenan PPKM Diperpanjang? Intip 9 Peluang Bisnis Jasa Ini! – Pembahasanku berharap bisa membantu anda menambahkan wawasan.

Hingga hari Senin (6/9) siang, kasus Covid-19 di Indonesia bertambah sebanyak 4.413 orang yang artinya secara total sudah lebih dari 4,1 juta terdeteksi. Jumlah yang masih tinggi ini jelas membuat kebijakan PPKM terus diperpanjang. Namun jangan terlalu muram karena justru di periode PPKM ada berbagai peluang bisnis jasa menjanjikan.

Seperti yang sudah diketahui bersama, periode PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) memang kerap menimbulkan pro-kontra. Dimulai pada 11 Januari 2021 bertajuk PPKM Mikro, kebijakan ini memang tak ubahnya seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang sudah diterapkan di tahun 2020 lalu.

Lantaran kegiatan masyarakat dibatasi, PPKM jelas memukul sektor ekonomi karena pusat-pusat keramaian terpaksa ditutup dan banyak konsumen memilih di rumah saja. Namun ketika wabah corona menggila di Tanah Air pada bulan Juni-Juli 2021, pemerintah pun mau tak mau sampai menerapkan PPKM Darurat di Jawa-Bali.

Baca juga: Cara Mulai, Modal dan Tips Bisnis Thrift Shop

Saat PPKM Darurat di dua pulau terpadat Indonesia itu diterapkan, banyak orang yang terpaksa kehilangan pekerjaan, menutup bisnisnya dan bingung mencari penghasilan. Namun seperti kata orang bijak bahwa dalam kondisi sulitpun, kesempatan tetap selalu ada, maka itulah yang bisa jadi prinsip pada pemburu pemasukan.

Pemerintah Putuskan Kembali Perpanjang PPKM

PPKM lanjut
© ANTARA/Rivan Awal Lingga

Kini beberapa wilayah di Indonesia sudah tidak lagi mengalami kelangkaan oksigen, kabar orang meninggal dunia setiap hari atau keterisian rumah sakit yang tinggi, lantaran jumlah kasus Covid-19 menurun. Kondisi ini jelas jadi sinyal positif bagi pelaku usaha yang ingin memperbaiki penghasilannya.

Kendati kini berangsur-angsur jumlah kasus aktif Covid-19 harian menurun beserta korban meninggal, pemerintah sepertinya tak mau gegabah dalam melepaskan kebijakan PPKM. PPKM bersama dengan program vaksinasi dianggap ampuh dalam mengendalikan wabah corona yang sempat menggila.

Terbaru pada hari Senin (6/9) petang, Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali sekaligus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, kembali mengumumkan perpanjangan PPKM. Dilansir Suara, kali ini pemerintah melanjutkan PPKM level 3-4 di sejumlah wilayah Jawa-Bali hingga 13 September.

Meskipun kegiatan sosial dibatasi, PPKM bukanlah mimpi buruk. Bahkan ada sejumlah peluang bisnis jasa yang mampu menghasilkan cuan tinggi ketika PPKM. Dengan begitu tak peduli pemerintah terus memperpanjang PPKM berbagai level, Anda akan tetap memperoleh penghasilan.

9 Peluang Bisnis Jasa Menjanjikan di Masa PPKM

Berbeda dengan berjualan produk barang, bisnis jasa memang lebih merepotkan dan bikin lelah. Namun di masa PPKM seperti ini, peluang bisnis jasa sangatlah menggiurkan karena dibutuhkan oleh banyak orang. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda coba geluti:

1. Usaha Cuci Baju dan Sepatu

jasa laundry
via Make Money

Peluang bisnis jasa yang pertama dan layak dicoba selama PPKM adalah layanan cuci baju dan sepatu. Bahkan bisa dibilang sekalipun tidak sedang PPKM, bisnis ini tetaplah menjanjikan apalagi di kalangan anak muda entah mahasiswa atau pekerja yang hidup ngekos. Hanya saja modal yang dibutuhkan mungkin cukup besar.

Baca juga: Indonesia Bebas Resesi! 8 Bisnis ini Layak Dicoba

Anda harus memiliki sejumlah unit mesin cuci, mesin pengering hingga alat-alat setrika dan sabun untuk mencuci. Kendati bisnis ini ramai persaingan, asalkan Anda memberikan pelayanan maksimal dan kualitas jasa yang memuaskan, tentu bakal direkomendasikan dan jadi pilihan banyak konsumen.

2. Layanan Home Cleaning

Inilah salah satu peluang bisnis jasa yang paling menjanjikan selama PPKM. Lhoh, bukannya waktu PPKM orang-orang lebih memilih di rumah? Kenapa butuh jasa home cleaning? Jawabannya adalah karena banyak orang-orang kelas menengah ke atas tidak ingin ribet dalam memperoleh lingkungan rumah yang sehat dan bersih.

Seperti yang Anda tahu, wabah corona memang mengharuskan siapapun menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat supaya senantiasa sehat. Dan bisnis home cleaning menjadi solusi terutama bagi mereka yang sibuk WFH (Work From Home) dengan sejumlah jadwal webinar yang padat.

Untuk menjalankan bisnis jasa home cleaning, Anda bisa memasarkannya di media sosial. Anda hanya perlu sejumlah peralatan kebersihan dan klien dari rumah ke rumah agar bisnis berjalan. Anggap saja sekali jasa panggilan home cleaning adalah Rp75 ribu, jika sehari ada tiga orderan, maka dalam sebulan meraup Rp6,7 juta!

3. Perawatan Kecantikan

jasa beauty care
© Vecteezy/denayunevz

Bagi perempuan, kecantikan adalah salah satu hal sangat diperhatikan. Tak peduli ketika PPKM, perempuan atau mungkin sebagian laki-laki, membutuhkan treatment beauty care rutin seperti facial, spa sampai injeksi kecantikan. Tak perlu harus memiliki salon terlebih dulu, Anda bisa menawarkan jasa kecantikan lewat internet.

Nantinya layanan jasa ini Anda berikan dari rumah ke rumah sehingga membuat konsumen lebih nyaman. Tak harus facial, spa atau mungkin kebutuhan body care, peluang bisnis jasa beauty care juga termasuk keramas, potong rambut, pewarnaan rambut hingga smoothing sampai pedicure dan menicure yang begitu disukai kaum Hawa.

Tentunya tarif yang dikenakan dalam bisnis beauty care dari rumah ke rumah bakal lebih besar daripada tarif salon pada umumnya, sehingga peluang cuan makin tinggi. Supaya bisa bersaing dengan pelaku bisnis serupa, jangan lupa pasang foto before-after konsumen di media sosial, agar makin banyak yang terpikat.

4. Reparasi Gadget

Seperti yang sudah Anda tahu, ketika PPKM semakin diperpanjang maka artinya masyarakat terus tergantung dengan gadget alias gawai. Gadget bakal jadi teman wajib sehari-hari terutama mereka yang bekerja dan sekolah dari rumah. Tingginya penggunaan gadget ini akhirnya membuat beberapa peralatan mungkin mengalami masalah.

Nah, di sinilah letak peluang bisnis jasa yang layak untuk Anda coba yakni layanan reparasi gadget. Apalagi kalau Anda memiliki kemampuan sebagai teknisi peralatan elektronik, bisa menawarkan keahlian dan akhirnya jadi ladang penghasilan menjanjikan selama PPKM.

Jika perlu, tawarkan bisnis service gadget lewat layanan antar-jemput ke rumah. Kendati tarif yang dipasang tentu lebih mahal daripada konsumen mengantarkan barangnya ke toko, jika kualitas layanan yang diberi memuaskan maka bisnis reparasi gadget bakal mampu jadi mata pencaharian yang menguntungkan selama PPKM.

5. Bisnis Swab Test

jasa swab test
© website resmi pemerintah Jakarta Timur

Bisnis kesehatan memang meraup banyak omzet selama pandemi Covid-19. Tidak hanya rumah sakit, klinik pribadi, apotek atau toko obat pinggiran, salah satu peluang bisnis jasa kesehatan yang ikut menjanjikan selama wabah corona adalah jasa swab test dari rumah ke rumah.

Baca juga: Imbas Giant Tutup, Ini 8 Bisnis Korban PHK yang Dapat Dipilih

Ada dua jenis swab test yang digunakan untuk pengecekan Covid-19 yakni swab antigen dan swab PCR yang tentunya bertarif sesuai ketentuan pemerintah. Jasa swab test panggilan ke rumah jelas akan lebih menguntungkan, karena konsumen tak perlu ribet dan antri panjang.

Supaya bisnis jasa swab test ini meyakinkan, Anda bisa bekerjasama dengan sejumlah laboratorium atau fasilitas kesehatan yang sudah ditunjuk Kementerian Kesehatan. Dengan wajibnya hasil uji swab untuk kebutuhan bepergian, sudah pasti ini merupakan salah satu peluang bisnis jasa yang layak dicoba selama PPKM.

6. Endorsement

Aktif di media sosial atau mungkin blog dan memiliki banyak pengikut hingga pembaca? Maka jadikanlah ini sebagai peluang bisnis endorsement sebagai seorang influencer. Jangan diremehkan, jika Anda memiliki ribuan hingga jutaan pengikut di media sosial, akan banyak brand yang tertarik.

Bahkan untuk kelas influencer media sosial dengan follower fantastis, biaya endorsement yang diperoleh pun sangat tinggi. Bisa saja menyentuh belasan juta Rupiah sekali posting. Lantaran selama PPKM banyak orang memilih #DiRumahSaja dan asyik bermain media sosial, platform ini sudah pasti diincar produsen dan influencer dibutuhkan.

7. Les Online

jasa les online
via Scholaryoa

Bisa dibilang ini merupakan salah satu peluang bisnis jasa yang paling dibutuhkan banyak orang selama PPKM. Seperti yang sudah diketahui, pandemi Covid-19 memaksa anak-anak sekolah melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Kondisi ini kerap membingungkan orangtua yang harus menemaninya mengerjakan PR.

Karena itu jika Anda memiliki keahlian akademis, bisa menawarkan jasa pembelajaran online maupun berkunjung ke rumah dan mengajari beberapa orang anak. Tidak hanya les mata pelajaran, kalau Anda memiliki kemampuan dance atau mungkin skill lainnya, juga bisa menjadi guru online yang memberikan materi lewat webinar.

8. Jasa Desain dan Kepenulisan

Content creator merupakan salah satu profesi yang paling diburu selama pandemi Covid-19. Berbeda dengan pekerja kantoran, para content creator ini jauh lebih efektif, efisien dan tentunya inovatif. Untuk itulah kalau Anda memiliki keahlian dalam hal desain atau kepenulisan, jadikan itu sebagai peluang bisnis jasa menjanjikan.

Ada banyak sekali platform yang mempertemukan para penyedia jasa dan pencari jasa di internet, sehingga Anda tinggal memasang portfolio yang dimiliki. Tentunya agar kemampuan desain dan kepenulisan ini dipercaya, Anda harus mampu menjaga kualitas diri dan komitmen seperti kemampuan mengikuti deadline.

Baca juga: Mau Makin Kaya di Luar Negeri? Ini 7 Ide Bisnis Sampingan Untuk TKI

Jangan diremehkan, mereka yang memiliki kemampuan di bidang content creator bukan tak mungkin bakal memperoleh penghasilan yang jauh lebih besar daripada pekerja kantoran. Cuma bermodalkan komputer atau laptop, jasa desain atau kepenulisan bisa dilakukan di mana saja sehingga Anda tak perlu cemas melanggar kebijakan PPKM.

9. Pembuatan Software dan Website

jasa bikin website
© Orange Crush

Saat pemerintah resmi menerapkan PPKM, para pelaku bisnis akhirnya mau tak mau harus melakukan penyesuaian. Salah satunya adalah mendorong operasional usaha secara online lewat website hingga software aplikasi khusus smartphone. Lantaran tak semua pelaku bisnis paham, Anda bisa meliriknya sebagai peluang bisnis jasa.

Yap, ada banyak sekali penyedia jasa pembuatan software atau bahkan website yang diburu oleh pelaku bisnis saat ini terutama UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Dengan tarif jutaan hingga belasan juta Rupiah, Anda dapat menawarkan pembuatan website lengkap dengan konten-kontennya.

Terutama bagi pelaku bisnis yang tak ingin ribet, jasa pembuatan software atau website ini bakal sangat membantu. Tak terlalu mempedulikan tarif yang dipasang, asalkan bisnis sudah go digital maka mereka bakal puas. Bahkan jika penyedia jasa juga menawarkan pengelolaan website, maka sudah pasti bakal makin membantu.

Kesimpulan

Bagaimana? Terbukti kan kalau PPKM yang terus-menerus diperpanjang oleh pemerintah bukan sebagai kiamat? Yap, Anda masih bisa memperoleh penghasilan dengan memaksimalkan kemampuan diri lewat sejumlah peluang bisnis jasa di atas.

Asalkan digeluti dengan tekun, memaksimalkan promo dan terus meningkatkan kualitas layanan, peluang bisnis jasa apapun di masa PPKM mampu menjadi sumber pencaharian yang menjanjikan. Jadi, tetap semangat selama PPKM dan jangan pernah menyerah, ya!