Memahami Perbedaan Trading dan Investasi Saham, Pemula Wajib Tahu – Pembahasanku

Selamat datang di Pembahasanku.com selalu support aku agar berkembang. Pada peluang saat ini, saya akan membahas berkenan Memahami Perbedaan Trading dan Investasi Saham, Pemula Wajib Tahu – Pembahasanku semoga bisa membantu anda menambahkan wawasan.

Apakah Anda sudah memahami perbedaan trading dan investasi saham? Meski terkesan sama, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Memahami perbedaan ini sangat penting untuk meningkat kemampuan Anda di pasar modal.

Kedua hal ini memang merupakan cara yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan kekayaan di masa mendatang. Meski begitu, ada banyak aspek lain yang menjadi pembeda di antara keduanya.

Sayangnya belum banyak orang yang memahami perbedaan ini. Bahkan beberapa orang menganggap bahwa trading hanyalah nama lain untuk investasi atau sebaliknya. Padahal anggapan ini sangat keliru.

Anggapan ini akan membuat kemampuan seseorang dalam melakukan investasi atau trading menjadi kurang optimal. Jika Anda serius ingin menjadi investor atau trader maka memahami perbedaan keduanya adalah hal wajib.

Memahami Pengertian Trading & Investasi

Memahami Perbedaan Trading dan Investasi Saham, Pemula Wajib Tahu
Memahami Perbedaan Trading dan Investasi Saham, Pemula Wajib Tahu/Unsplash

Sebelum kami membahas perbedaan trading dan investasi secara mendalam, kami akan menjelaskan pengertian keduanya terlebih dahulu. Karena dari pengertian ini bisa sedikit menunjukkan perbedaan di antara keduanya.

Memang kata investasi atau trading bisa Anda temui sehari-hari. Namun tidak banyak yang benar-benar mengerti arti keduanya. Berikut ini adalah pengertian dari trading dan juga investasi yang perlu Anda pahami.

Trading pada dasarnya berasal dari bahasa inggristrade yang memiliki arti berdagang. Sehingga trading secara kebahasaan sebenarnya memiliki arti seseorang yang sedang melakukan kegiatan perdagangan.

Namun trading dalam dunia pasar modal merujuk pada suatu komoditas tertentu seperti saham, forex atau cryptocurrency. Karena komoditasnya sama, banyak orang yang tidak memahami perbedaan trading dan investasi.

Sehingga dalam hal ini trading bisa dimaknai sebagai kegiatan melakukan jual beli komoditas pasar modal. Seorang trader berharap bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat melalui kegiatan trading.

Investasi memiliki arti menempatkan modal dalam bentuk uang atau aset berharga lainnya ke dalam sutau hal tertentu. Menurut OJK, investasi berarti penanaman modal yang biasanya dilakukan dalam jangka panjang.

Ada banyak komoditas yang bisa masuk sebagai instrumen investasi. Komoditas tersebut seperti saham, mata uang, cryptocurrency dan lain sebagainya. Bahkan instrumen investasi juga bisa meliputi tanah dan bangunan.

Dari hal ini bisa dipahami bahwa investasi adalah kegiatan menaruh uang atau aset agar bisa mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Rentang waktu untuk berinvestasi setiap orang bisa berbeda-beda tergantung strateginya.

Perbedaan Trading dan Investasi Saham

Perbedaan Trading dan Investasi Saham
Perbedaan Trading dan Investasi Saham/Unsplash

Seperti yang telah Anda ketahui di atas bahwa investasi ataupun trading tidak harus selalu tentang saham. Namun dalam pembahasan ini, kami akan fokus memberikan penjelasan mengenai investasi dan trading saham.

Sebab investasi dan juga trading saham adalah hal yang sering disamakan oleh banyak orang. Padahal kedua hal ini memiliki perbedaan yang sangat mendasar yaitu seperti berikut ini.

Perbedaan pertama antara investasi dan juga trading terletak pada jangka waktu. Seperti kami sebutkan sebelumnya, bahwa trading merupakan kegiatan jual-beli komoditas. Sehingga jangka waktu dalam melakukannya cenderung singkat.

Seorang trader akan membeli saham di harga rendah dan langsung menjualnya kembali ketika mengalami kenaikan harga. Seorang trader biasanya akan membeli dan menjual kembali saham dalam hitungan jam bahkan menit.

Hal inilah yang menjadi perbedaan trading dan investasi saham paling mendasar. Sebab dalam melakukan investasi tidak mungkin akan melakukan pembelian dan penjualan dalam hitungan jam.

Baca ulasan 10 Saham Blue Chip Terbaik di Indonesia

Seorang investor berharap bahwa nilai saham yang dimilikinya akan meningkat dalam waktu beberapa bulan atau tahun mendatang. Sehingga penanaman modal yang dilakukan seorang investor saham bisa mencapai waktu bertahun-tahun.

  • Sumber Mendapatkan Keuntungan

Selain jangka waktu, sumber mendapatkan keuntungan seorang trader dan investor juga berbeda. Bagi trader, cenderung hanya akan mengejar keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.

Seorang investor saham memang juga bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dibanding harga beli. Namun selain itu, investor saham masih memiliki beberapa sumber keuntungan lain seperti dividen.

Sehinga bisa disimpulkan bahwa sumber keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi cenderung lebih banyak. Walau memang untuk mendapatkan keuntungan ini dibutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Perbedaan trading dan investasi juga terletak pada tujuan melakukan kedua hal ini. Karena trading memiliki jangka waktu yang cenderung singkat, seorang trader biasanya hanya bertujuan mendapatkan keuntungan untuk masa sekarang.

Bisa dikatakan bahwa kegiatan trading merupakan usaha untuk mendapatkan penghasilan layaknya pekerjaan. Karena keuntungan dari trading akan langsung dinikmati saat itu juga oleh seorang trader.

Sementara tujuan melakukan investasi lebih cenderung kepada pencapaian tujuan finansial di masa mendatang. Seorang investor tidak mengharapkan keuntungan dari investasi bisa segera digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Tujuan investor biasanya lebih kepada pencapaian kebutuhan di masa mendatang seperti dana hari tua, dana sekolah anak, dan sebagainya. Oleh karena itu investor memiliki pemikiran jangka panjang.

Perbedaan trading dan investasi dalam hal tujuan membuat strategi dalam melakukan kedua hal ini juga berbeda. Strategi trader lebih mengarah kepada cara mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dalam waktu singkat.

Oleh karena itu seorang trader cenderung menggunakan analisis teknikal untuk memperhitungkan perubahan harga saham. Karena analisis ini bisa memberikan gambaran perubahan harga dalam waktu cepat.

Sementara seorang investor cenderung menggunakan analisis fundamental ketika melakukan investasi. Seorang investor akan memilih saham yang memiliki kinerja dan prospek baik dalam beberapa tahun ke depan.

Sehingga seorang investor biasanya tidak terlalu memperhatikan perubahan harga saham secara rutin seperti trader. Investor cenderung melakukan hold meski saham yang dipercaya sedang mengalami penurunan harga.

Mana yang Lebih Baik? Trading atau Investasi Saham

Mana yang Lebih Baik? Trading atau Investasi Saham
Mana yang Lebih Baik? Trading atau Investasi Saham/Unsplash

Seorang trader ataupun investor biasanya akan menganggap gaya masing-masing mereka sebagai yang terbaik. Namun sebenarnya, berdasarkan perbedaan trading dan investasi di atas, keduanya sama-sama baik.

Sebab tujuan dari melakukan investasi ataupun trading pada dasarnya sudah berbeda. Sehingga Anda hanya perlu memilih yang memang sesuai dengan tujuan Anda. Karena akhirnya yang terbaik adalah memenuhi kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan rutin melalui saham, maka trading merupakan pilihan terbaik. Karena dengan trading Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam hitungan jam atau harian.

Sementara jika Anda ingin mencapai tujuan dalam jangka panjang, maka lebih baik memilih investasi. Dengan hasil investasi tersebut, Anda bisa mengumpulkan keuntungan untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang.

Selain itu sebenarnya Anda juga bisa melakukan kedua hal ini di saat yang bersamaan. Tentu saja dengan strategi, pilihan saham dan teknik analisis yang berbeda satu dengan lainnya.

Sehingga sebenarnya memilih melakukan trading atau investasi bukanlah hal sulit. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan tujuan Anda. Namun pastikan Anda melakukan trading atau investasi sebaik mungkin agar konsisten mendapatkan keuntungan.

Tips Menjadi Seorang Trader Saham

Sekarang Anda telah memahami perbedaan trading dan investasi saham. Selain itu Anda juga sudah memahami bahwa memilih melakukan trading atau investasi akan kembali pada tujuan Anda.

Langkah selanjutnya adalah Anda harus memulai untuk menjadi seorang trader atau investor yang baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjadi seorang trader saham.

  • Mulai Dengan Nominal Rendah

Jika Anda benar-benar baru memulai perjalanan menjadi seorang trader, sebaiknya mulai dengan nominal rendah terlebih dahulu. Jangan sampai Anda langsung kehilangan banyak uang ketika mengawali perjalanan sebagai seorang trader.

Jadikanlah modal rendah tersebut sebagai “biaya belajar” mengenai dunia trading. Walau tentu semua orang pasti berharap bisa langsung mendapatkan untung besar ketika mengawali perjalanan sebagai seorang trader.

Baca artikel, Cara Menghindari Investasi Bodong yang Bikin Anda Rugi

Namun sebaiknya Anda meminimalisir risiko terlebih dahulu. Jika Anda sudah percaya diri dan terbiasa dalam melakukan trading, barulah Anda bisa menggunakan modal besar untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

  • Kuasai Berbagai Strategi Analisis Teknikal

Seperti yang kami sebutkan dalam perbedaan trading dan investasi sebelumnya, bahwa trading cenderung menggunakan analisis teknikal. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak strategi dalam analisis teknikal.

Sebaiknya Anda mengusai beberapa strategi dalam melakukan analisis teknikal. Dengan begitu Anda bisa membandingkan strategi terbaik yang sesuai dengan gaya trading Anda. Bahkan Anda juga bisa membuat strategi sendiri.

Sebab strategi seorang trader dengan trader lainnya bisa sangat berbeda. Tidak ada yang benar dan salah dari hal itu selama masing-masing strategi bisa memenuhi tujuan trader dalam mendapatkan keuntungan.

  • Miliki Kepekaan Mengenai Isu Ekonomi

Seorang trader pasti berharap bisa mendapatkan keuntungan maksimal melalui perdagangan saham yang dilakukannya. Memahami isu ekonomi terkini akan membantu Anda dalam memprediksi pergerakan suat saham.

Dengan memiliki kepekaan mengenai isu ekonomi terkini, Anda tidak akan ketinggalan momen untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Sebab saham memang merupakan entitas yang harganya mudah dipengaruhi oleh isu-isu tertentu.

Tips Menjadi Seorang Investor Saham

Tips Menjadi Seorang Investor Saham
Tips Menjadi Seorang Investor Saham/Unsplash

Anda telah perbedaan trading dan investasi saham bahwa tujuan kedua hal ini berbeda. Oleh karena itu cara-cara yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang investor juga akan berbeda dengan menjadi trader.

Ada beberapa hal lain yang perlu dimiliki jika Anda ingin menjadi seorang investor. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menjadi seorang investor saham.

  • Tentukan Tujuan Investasi Secara Spesifik

Sebagai metode untuk mencapai tujuan finansial di masa mendatang, Anda perlu menentukan tujuan tersebut secara spesifik terlebih dahulu. Karena tujuan ini akan memberikan pengaruh pada hal-hal lainnya.

Pastikan Anda memahami kapan tujuan tersebut harus terpenuhi, besaran dana yang dibutuhkan untuk memenuhinya dan hal-hal lainnya. Setelah itu baru Anda bisa menentukan strategi yang tepat untuk memenuhinya.

Tanpa adanya gambaran tujuan yang jelas, Anda akan kesulitan menentukan saham yang dibeli. Sehingga kegiatan investasi yang Anda lakukan menjadi kurang optimal. Sehingga pastikan tujuan berinvestasi sudah jelas.

  • Pelajari Perusahaan yang Sahamnya Ingin Anda Beli

Perbedaan trading dan investasi salah satunya terletak pada strategi dan pilihan analisis. Dalam melakukan investasi, akan lebih baik jika Anda menggunakan analisis fundamental. Sehingga Anda perlu mempelajari perusahaan dengan baik.

Anda perlu memastikan bahwa nilai saham perusahaan tersebut termasuk harga wajar atau bahkan murah. Selain itu Anda juga perlu menghitung prospek perusahaan tersebut di masa mendatang.

Anda bisa melakukannya dengan membaca laporan keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Setiap perusahaan yang sudah go public pasti akan menerbitkan laporan keuangan untuk diakses oleh masyarakat.

Saham memang merupakan salah satu komoditas yang digunakan banyak orang untuk mendapatkan keuntungan. Untuk mendapatkan keuntungan melalui saham, Anda bisa melakukan melalui trading ataupun investasi.

Baca yuk, Jangan Salah, Ini Lho Beda Investasi dan Trading Saham

Pilihan melakukan trading atau investasi akan kembali pada tujuan Anda. Sebab salah satu perbedaan trading dan investasi terletak pada tujuan pencapaian keuntungan untuk masa kini atau masa mendatang.